Flora dan Fauna yang Ada di Hutan Mangrove

 

Hutan merupakan tempat dimana terdapat banyak tanaman yang terdiri atas satu jenis maupun berbagai jenis. Hutan menjadi rumah bagi banyak bintang karena hutan merupakan sumber makanan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai berbagai jenis flora dan fauna yang berada di hutan mangrove.

Terdapat beberapa hewan hutan mangrove yang akan diperkenalkan dibawah ini diantaranya yaitu:

Fauna

Terdapat beberapa jenis kepiting yang menghuni hutan mangrove.

1. Kepiting Laga

Kepiting ini disebut juga dengan kepiting pemain biola karena gerakan capitannya mirip dengan orang saat memainkan biola. Kepiting ini spesies sekitar 80 di seluruh dunia yang memiliki warna- warna yang indah.

2. Kepiting Oranye

Biasa hidup di antara akar-akar bakau dan lumpur halus yang dekat dengan saluran perairan. Kepiting oranye memiliki capit besar yang membantunya untuk menangkap makanan seperti cacing bentik yang kecil. Kepiting oranye juga  suka bertarung, baik ketika mencari pasangan atau lubang tempatnya tinggal.

3. Kepiting Semapor

Ukuran tubuh rata-ratanya yang kurang dari 1 cm. Nama kepiting yang unik dilandasi oleh kebiasan kepiting yang menaik-turunkan capitnya selayaknya orang yang melakukan semapor. Alasan dari kebiasaan tersebut adalah untuk menandai daerah kekuasaannya dan menjadi daya tarik untuk menarik kepiting betina.

4. Kepiting Ungu Pemanjat

Kepiting ini sering memanjat akar- akar mangrove dengan tujuan untuk menghindari air laut yang pasang dan juga sebagai upaya untuk melindungi diri dari predator.

5. Kelomang Darat

Kelomang darat merupakan kepiting Anomura atau kepiting yang memiliki tiga pasang kaki yang dilahirkan tanpa cangkang. Jenis dari kelomang darat kurang lebih terdapat 16 spesies dan merupakan genus tropis dan subtropis.

6. Kelomang Mangrove

Kelomang adalah sejenis binatang yang bisa hidup di darat dan air. Kelomang ini mengalami pergantian kulit dan setelah itu tubuhnya akan semakin membesar dan cangkangnya semakin sempit.

7. Ikan Gelodok

Ikan gelodok merupakan jenis ikan lumpur yang gemar berlompatan di sela-sela akar mangrove maupun berjalan dengan kaki palsu/siripnya diatas lumpur. Ikan Glodok memiliki mata yang menonjol keluar guna melihat mangsa dari jauh secara maksimal.

8. Udang Pistol

Udang Pistol memiliki bunyi capit yang menyerupai bunyi pistol yang ditembakkan. Binatang ini termasuk binatang pemakan segalanya. Capitnya yang besar digunakan untuk pemegang dan pemotong makanan.

Flora

Flora merupakan sebutan lain bagi tumbuhan. Flora tentunya banyak tersebar di seluruh wilayah permukaan Bumi, khususnya di hutan. Adapun flora di hutan mangrove, yaitu tanaman mangrove atau bakau. Namun selain tanaman mangrove atau bakau juga ditemukan tanaman lainnya seperti:

  1. Ketapang
  2. Nyamplung
  3. Akasia
  4. Nipah
  5. Pohon Asem
  6. Lamtoro

Demikian informasi tentang flora dan fauna yang ada di hutan mangrove  yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan