10 Fakta Menarik Bunga Melati


Bunga melati (jasminum sambac) sangat indentik dengan baunya yang harum. Tanaman melati termasuk dalam tumbuhan perdu derah tropis yang berasal dari negara India. Kemudian berkembang sampai ke Melayu dan Indonesia.

Warna bunga melati indentiknya berwarna putin serta baunya yang harum menjadi bunga melati sebagai bunga suci dan sering digunakan dalam upacar sakral di Indonesia, misalnya acara adat, pernikahan dan prosesi pemakaman.

Selain melambang kesucian, bunga melati juga melambangkan keindahan, kesederhanaan dan ketulusan hati.

Berikut ini beberapa fakta menarik bunga melati yang perlu kamu ketahui di bawah ini.

1. Ditetapkan sebagai bunga nasional

Fakta menarik bunga melati ditetapkan sebagai bunga nasional di Indonesia pada tahun 1990 dan dijuluki sebagai puspa bunga. Penetapan bunga mekati sebagai nasional ini bersamaan dengan bunga anggrek bulan dan padma.

Selain di Indonesia, bunga melati juga dijadikan sebagai bunga nasional oleh beberapa negara lain seperti Hawai, Pakistan, Filipina, Suriah dan Thailand.

2. Bahan detoksifikasi dan penurunan berat badan

Menurut penelitian menujukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang bisa digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.

Selain itu, teh dan ekstrak melati juga ampuh untuk menurunkan berat badan secara efektif apabila dikonsumsiu secara teratur.

3. Sebagai aromaterapi

Baunya yang harum, menjadikan bunga melati sebagai aromaterapi efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, serta gangguan saraf yang lebih serius. Sehingga manfaat bunga melati dapat memerangi depresi dan efek negatif dari stres.

4. Sebagai anti inflamasi dan meringankan pernapasan

Ciri-ciri bunga melati yaitu memiliki pesona keindahan,selain itu bunga melati ternyata juga dapat digunakan sebagai obat anti radang (inflamasi) serta untuk meringankan pernafasan.

5. Bunga melati sebagai penghias

Saat dalam sebuah pernikahan di Indonesia, kuncup bunga melati yang belum mekar digunakan sebagai penghias yang menggantung di kepala pengantin wanita.

Bukan hanya itu pada pengantin pria, bunga melati disematkan di keris yang disebut roncen usus-usus.

Sedangkan di negara India dan Bangladesh, bunga melati digunakan sebagai penghias rambut. Namun di negara Oman, bunga melati digunakan untuk upacara ulang tahun pertama seorang bayi perempuan.

6. Sebagai campuran kosmetik

Selain berguna untuk obat, manfaat bunga melati bisa sebagai campuran kosmetik. Misalnya untuk campuran parfum, pembersih muka dan shampo.

 Sebagai campuran parfum yang diambil yaitu, bagian bunga kemudian diekstrak menjadi minyak wangi.

7. Sebagai bahan campuran makanan dan minuman

Fakta menarik bunga melati lainnya yakni sebagai campuran sirup beraroma melati atau campuran teh dan aneka kue.

Ciri-ciri bunga melati yang sangat khas adalah memiliki aroma bunga yang keluar dari tanaman ini dipercaya sebagai orang dapat membangkitkan selera nafsu makan seorang.  Negara China yang pertama kali memperkenalkan bunga melati untuk campuran dalam minum teh dan campuran menu masakan lain.

9. Sebagai tabur bunga di acara pemakaman

Fakta menarik bunga melati lainnya adalah sering digunakan untuk acara tabur bunga dalam pemakaman atau berziarah. Bunga melati dijadikan sebagai lambang kedukaan atau rasa kehilangan atas meninggalnya orang yang disayangi.

Bunga melati ini akan disebarkan di atas makam secara merata untuk melengkapi acara tabur bunga dalam pemakaman atau berziarah.

10. Sebagai Indentik dengan aura mistis

Sebagian orang mempercayai adanya aura mistis yang ada di dalam bunga melati. Sehingga bunga melati itu dianggap mempunyai kekuatan supranaturl, sehingga digunakan sebagai bunga sesajen khususnya umat hindu dan Budha di negara Kamboja.

Itulah 10 fakta menarik bunga melati yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan silakan dicoba juga ya manfaatnya!

 

Posting Komentar

0 Komentar