Destinasi Wisata Hutan Pinus di Indonesia

Hutan yang subur memang selalu membuat siapa saja akan takjub ketika melihat. Hutan juga sering dijadikan pilihan untuk tempat berwisata. Bagaimana yang dimaksud dengan hutan wisata itu?

Hutan wisata adalah kawasan hutan yang dikelola khusus oleh pemerintah, untuk dijadikan tempat wisata. Hutan bisa menjadi pilihan saat kalian bosan dengan keramaian kota.

Lalu, dimana saja wisata hutan pinus yang ada di Indonesia? Simak penjelasan berikut.

1. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor


Pesona Hutan Pinus Gunung Pancar memang sangat mempesona dan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang bosan dengan keramaian kota. Ada berbagai aktivitas yang dapat anda lakukan di kawasan hutan ini, seperti berkemah, menyusuri hutan pinus untuk mendapatkan udara segar, berfoto, dan bersepeda.

Tak hanya itu, di kawasan hutan tersebut juga tersedia lokasi untuk berendam air panas sambil menikmati pemandangan Hutan Pinus Gunung Pancar. Keindahan hutan pinus ini memang selalu membuat wisatawan terpikat. Tak jarang juga lokasi ini dimanfaatkan untuk melakukan prewedding.

Jika tertarik untuk berwitasa disana, kamu dapat mengunjunginya di Gunung Pancar, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor.

2. Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta


Yogyakarta memang selalu memiliki pesonanya sendiri yang membuat banyak orang merindukannya. Daerah istimewa ini juga memiliki wisata hutan pinus yang tak kalah cantik, yakni Hutan Pinus Mangunan.

Berlokasi di Sukorame, Mangunan, Bantul, Yogyakarta, kawasan ini menjadi salah satu tempat yang lahi hits di kalangan traveller. Terdapat banyak spot foto yang instagramable, salah satunya adalah kursi melingkar yang terbuat dari kayu pinus.

Wisata Hutan Pinus Mangunan memiliki luas sekitar 500 Ha yang berisi banyak sekali pepohonan pinus dengan ukuran yang sangat tinggi. Kawasan hutan wisata ini juga sangat terjaga kebersihannya, karena dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH).

3. Hutan Pinus Semeru, Malang


Hutan wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pepohonan pinusnya yang tumbuh subur dan udara yang segar membuat siapa saja akan nyaman berlama-lama ditempat ini. . Hutan Pinus Semeru ini berada di Lereng Gunung Semeru, dan wisata ini selalu ramai dengan kauman muda, karena disni mereka bisa berfoto dengan spot-spot yang tersedia.

4. Hutan Pinus Kragilan, Magelang


Lokasi hutan wisata yang satu ini sering disebut sebagai Nami Islandnya Indoesia, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Khususnya bagi kamu pecinta drama Korea. Terdapat banyak spot foto di lokasi Hutan Pinus Kragilan ini, sehingga dikenal sebagai top selfie pinusan yang hits.

Tersedia juga bebarapa fasilitas di sana seperti ayunan, rumah panggung, hammock, bermain billiard dengan latar belakang Gunung Merapi, serta wahana sepeda gantung.

5. Hutan Pinus Samparona, Baubau


Hutan Pinus Samparona berisi pohon pinus berukuran tinggi dengan posisi saling berdekatan satu sama lain. Di kawasan ini, kamu dapat menikmati rimbunnya pepohonan sembari menghirup udara segar. Unruk bisa masuk dan menjelajah area hutan ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp.5.000.

Hutan ini juta menghadirkan sejumlah spot foto yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, seperti rumah pohon, panggung dengan bentuk menyerupai hati, serta jalur dengan hiasan gantungan payung. Tak hanya itu, terdapat juga wahana permainan yang bisa dijajal pengunjung, seperti flying fox, pointball, tembak sasaran, dan sepeda melayang.

Demikian penjelasan tentang wisata hutan pinus di Indonesia yang sangat menatang untuk dijelajahi. Kamu tertarik mengunjungi yang mana?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan