Tempat Wisata Hutan Mangrove di Indonesia

 



Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia sering disebut sebagai hutan bakau yang ditumbuhi sepanjang pesisir pantai, muara sungai, dan terdapat rawa gambut.

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis yaitu untuk penduduk yang tinggal di daerah dekat pantai, mencegah terjadinya abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut menuju daratan.

Hutan mangrove di Indonesia banyak terdapat di daerah pesisir Indonesia. Wisata hutan mangrove menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung yang datang kesini bisa menyusuri sungai dan membelah hutan bakau.

Berikut terdapat 5 fungsi ekologis dari hutan mangrove yang ada di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi untuk wisata alam.

1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk, DKI Jakarta



Mangrove adalah sekumpulan pohon yang tumbuh di area sekitar garis pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut. Taman wisata alam Angke Kapuk, DKI Jakarta merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pohon mangrove.

Taman wisata alam Angke Kapuk ini berada di kelurahan kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan Pantai Indah kapuk yang berada di jakarta Utara.

Tempat ini merupakan kawasan konservasi alam mangrove yang dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi alam. Hutan bakau ini masih terjaga sebagai tempat bernaungnya satwa liar.

Bagi kamu para pecinta alam, bisa memanfaatkan kawasan pohon bakau ini sebagai tempat Camping Ground. Karena keindahan alamnya, tempat ini sering menjadi pelarian warga Ibukota yang merasa penat bekerja setiap hari.

2. Hutan Mangrove Karimun Jawa, Jawa Tengah



Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia selanjutnya adalah kawasan pantai cantik yang memiliki pesona bawah laut yang kaya dengan alam yang sejuk. Saat pengunjung melancong ke hutan mangrove ini, maka akan disuguhkan area trekking sepanjang 1.3 KM.

Sepanjang area Trekking, pengunjung akan menemukan menara pandang tinggi yang bisa digunakan untuk melihat luasnya area pariwisata pohon mangrove karimun Jawa. Dari ketinggian menara pandang, kamu bisa melihat pulau Cemara Besar, Pulau Cemana Kecil dan Pulau Menyawakan.

3. Hutan Mangrove Kulonprogo, DIY Yogyakarta



DIY Yogyakarta memang menyimpan segudang tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satunya terdapat di Kabupaten Kulonprogo. Hutan mangrove ini berada di sepanjang timur ke barat dan muaranya bersatu dengan sungai Bogowonto di Pantai Congot.

Saat kamu berada di Hutan Mangrove Kulonprogo, kamu akan bisa menikmati Trekking yang berada di jembatan bamboo di atas air, tempat ini menjadi Spot foto yang sangat menarik.

Konstruksi jembatan ini dibangun begitu megah dengan menara yang menjulang tinggi sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat piknik. Hutan mangrove Kulonprogo memiliki sekitar empat jembatan unik dan megah yang menambah nilai wisata tempat ini.

4. Hutan Mangrove Bedul, Jawa Timur



Hutan Mangrove Bedul terletak di tempat wisata tanaman bakau Banyuwangi. Hutan mangrove Bedul ini merupakan habitat berbagai satwa liar seperti monyet, biawak, bangau, elang laut, ulat dan belibis.

Lokasi hutan bakau ini kerap menjadi pilihan wisata warga lokal. Di sini pengunjung akan menyusuri hutan dan pemandangan vegetasi tanaman bakau. Pemandangan ini juga tidak luput dari kegiatan para nelayan yang sedang mencari kerang.

5. Hutan Mangrove Tarakan, Kalimantan Utara



Tempat wisata hutan mangrove di Indonesia yang terakhir adalah Hutan Mangrove Tarakan. Tempat wisata ini tidak kalah indah. Luasnya mencapai 21 Ha dan hutan bakau ini menyimpan berbagai vegetasi jenis tanaman bakau.

Fungsi ekologis dari hutan mangrove merupakan paru-paru kota tarakan karena kota ini berada di dekat daerah Pesisir. Pohon Mangrove ditempat ini sering menjadi tempat penelitian untuk mengamati ekosistem tanaman bakau.

Pengunjung yang ingin berwisata ke hutan Mangrove tarakan bisa datang mulai dari pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. Cukup dengan membayar Rp. 5000 saja maka kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di pohon bakau ini.

Nah, itu tadi rekomendasi kami tempat wisata hutan Mangrove yang ada di Indonesia. Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa ketika mengunjungi kawasan hutan tetap jaga kebersihan dan kelestarian hutan. Karena hutan memberikan banyak manfaat untuk kelangsungan hidup penduduk bumi.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Dan sampai ketemu di artikel kami selanjutnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan