Fakna dan Keunikan dari Hutan Amazon

 


Kita mungkin sering mendengar hutan amazon dari berita, film, atau yang paling sering adalah dokumenter. Hutan ini termasuk jenis hutan hujan yang salah satu terbesar di dunia dan mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi.

Hutan Amazon


Hutan Amazon adalah hutan yang terletak di Amazon, Amerika Serikat. Hutan Amazon memiliki luasan sekitar 7 juta km2 dengan kawasan hutannya luas sekitar 5,5 juta km2.

Kawasan hutan hujan  ini terbentang di sembilan  negara dengan kawasan hutan terluas berada di Brazil yang dengan luas sekitar 60 %, dan negara yang lain yaitu Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Kata "Amazon" berasal dari kata "Amazonas", nama sebuah suku dalam mitologi Yunani. Amazonas adalah suku pejuang wanita yang menaklukkan melalui ekspedisi.

Hutan Amazon berperan sebgai paru-paru dunia yang menjadi pemasuk 30 persen dari seluruh oksigen yang ada di Bumi. Hutan ini berisikan keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Hutan Amazon menjadi rumah bagi 30 persen dari total hewan yang ada dan setengah dari seluruh spesies tanaman yang ada di bumi hidup dan berkembang di Amazon.

Sungai yang sangat luas di Dunia berada di Hutan Amazon. Sungai Amazon memanjang di hutan Amazon,  memiliki bentuk cekung dan banyak liukan dan membawa anak sungai Amazon yang mengalir melalui daerah di Amerika Selatan bagian utara. Dengan panjang sungai ini mencapai sekitar 6.500 km, hutan ini merupakan salah satu hutan  sungai terpanjang di dunia.

Karakteristik Hutan Amazon


Hutan Amazon merupakan habitat dan reservoir bagi banyak organisme. Ini adalah rumah bagi jutaan spesies serangga, tanaman, burung, dan  banyak lagi. Vegetasi  yang tumbuh di hutan ini juga beragam antara lain jambu biji, salam, palem, akasia, sonokeling, kacang brazil, pohon karet, mahoni, teratai raksasa, anggrek, jarda sawo, pohon pisang dan pohon kapuk.

Dikenal sebagai hutan hujan tropis terbesar, curah hujan tahunan di hutan ini mencapai 1.200 mm/tahun. Bahkan curah hujan di Amazon pernah mencapai sekitar 3.000 mm/tahun dan suhu rata-rata 26 derajat Celcius. Dikarenakan garis khatulistiwa memotong hutan ini mempengaruhi lama panjang hari, dengan 12 jam sinar matahari sepanjang tahun.

Dengan demikian, hutan Amazon terus disuplai dengan sinar matahari  dan curah hujan yang merata di seluruh hutan. Kondisi ini menguntungkan pada musim kemarau. Dengan pasokan air yang cukup, makhluk  hutan tidak mengalami kekurangan air bahbkan sampai masa kemarau berakhir.

Fakta Menarik Hutan Amazon

1. Hutan terluas di dunia

Seperti disebutkan di atas, luas hutan Amazon sekitar 7 juta km2 dan tersebar di 9 negara termasuk Brasil, Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Suriname, Guyana, dan Guyana Prancis.

2. Mempunyai keanekaragaman hayati

Ada sekitar 40.000 spesies tumbuhan, 16.000 spesies pohon, 5.600 spesies ikan, 1.300 spesies burung, lebih dari 430 spesies mamalia, 1.000 spesies amfibi, 550 spesies serangga, dan lebih dari 400 spesies reptil hidup didalam hutan ini

3. Fenomena Sungai terbalik

Pada tahun 2006, seorang ahli geologi  yang  mempelajari aliran  Amazon yang membawa sedimen ke laut menemukan bukti bahwa sungai-sungai itu mengalir ke arah yang berlawanan. Bukti ini diperkuat dengan keberadaan sedimen tertua di hutan ini yang terletak di hulu sungai.  100 juta tahun yang lalu, selama periode Kapur, Pegunungan Andes mengubah aliran sungai yang mengalir dari timur ke barat.

 4. Keberadaan sungai di bawah tanah

Lekukan Sungai Amazon yang berkelok-kelok akan memanjakan mata dan sangat memukau. Fakta unik lainnya tersembunyi di balik keindahan lanskapnya. Artinya, ada sungai di bawah sungai. Di bawah tanah, lebar sungai sekitar 4 km, lebih  lebar  dari sungai di atas.

5. Hutan paling berbahaya di dunia

Dikarenakan lebatnya hutan Amazon adalah salah satu alasan mengapa sangat berbahaya dan dijuluki sebagai “neraka hijau”. Ada sembilan bidang tanah di hamparan hutan yang luas, dengan sungai berkelok-kelok mengalir di sekitar hutan. Banyak  spesies hewan yang juga berbahaya mendiami hutan ini.

Yang cukup terkenal tentunya adalah keberadaan ikan piranha dan ikan arapaima. Ikan piranha merupakan salah satu ikan air tawar yang paling predator dan selalu mencari mangsa secara berkelompok. Ikan Arapaima juga merupakan ikan air tawar terbesar di dunia, ditemukan di perairan Amerika Selatan, beratnya mencapai 200 kg dan panjangnya mencapai 3 m.

Ada juga belut listrik  di hutan hujan ini. Energi listrik yang mengalir melalui tubuhnya bisa mencapai 650 volt, memungkinkan dia untuk melumpuhkan lawan dengan satu sengatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan