Ketahui Fakta Menarik Seputar Hutan Mangrove

 

Berbicara tentang hutan mangrove, mungkin yang terlintas difikiran Kamu adalah tempat atau salah satu destinasi wisata bernuansa alam. Hal itu memanglah benar, namun penting untuk Kamu ketahui bahwa fungsi hutan mangrove bukan hanya sekedar menjadi destinasi wisata saja.

Pasalnya, hutan mangrove memiliki peran yang sangat vital bagi alam dan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berada di daerah pesisir. Masyarakat pesisir diketahui memanfaatkan hutan mangrove untuk berbagai hal, mulai dari sebagai tempat pembibitan ikan, penghalang terhadap badai dan sebagai sumber kayu untuk bangunan dan memasak.

Meski begitu, keberadaan hutan mangrove di beberapa negara kini mulai terancam. Hal tersebut didorong oleh konservasi lahan untuk budidaya dan pertanian, pembangunan di daerah pesisir, polusi dan eksploitasi yang berlebihan.

Untuk lebih mengetahui tentang hutan mangrove, berikut kami sajikan fakta-fakta menarik seputar hutan mangrove yang bisa Kamu ketahui.

Fakta Menarik Hutan Mangrove

1. Tumbuh subur di air asin


Mangrove adalah jenis hutan tropis, namun mereka telah berevolusi untuk tumbuh subur dalam kondisi panas, berlumpur dan dengan air asin. Menariknya, sebagian besar tumbuhan biasanya tidak bisa bertahan hidup dalam air asin.

Akan tetapi, mangrove sebaliknya tumbuh dengan subur dan mampu beradaptasi dengan air asin.

2. Membantu mengurangi perubahan iklim dan membantu manusia dan alam beradaptasi


Meski mangrove tidak seluas jenis hutan tropis lainnya di dunia, akan tetapi mereka memiliki peran penting dalam mitigasi perubahan iklim. Tanah bakau adalah penyerap karbon yang sangat efektif, mengunci sejumlah besar karbon dan menghentikannya memasuki atmosfer. 

Selain itu, mereka sangat penting dalam membantu masyarakat beradaptasi dengan dampak perubahan iklim, mengurangi dampak badai dan kenaikan permukaan laut.

3. Pusat keanekaragaman hayati


Mangrove membentuk fondasi ekosistem yang sangat produktif dan kaya secara biologis seperti  menyediakan rumah, pembibitan dan tempat mencari makan bagi berbagai spesies ikan, burung, serangga, reptil dan bahkan 'harimau bakau' di India.

Faktanya, lebih dari 40 spesies burung, 10 reptil, 1 amfibi dan 6 mamalia hanya ditemukan di hutan bakau, yang mayoritas ditemukan di Asia dan Australia.

4. Memiliki nilai ekonomi dan sosial yang sangat besar


Peran mangrove dalam kesejahteraan dan mata pencaharian orang-orang di seluruh dunia tidak dapat sepenuhnya diukur. Namun, dalam hal barang dan jasa yang mereka sediakan, termasuk perikanan dan kayu, mereka menyumbang sekitar US$33-57 ribu (Rp472,7-Rp816,5 juta) per hektar per tahun untuk ekonomi nasional di negara berkembang yang memiliki mangrove.

5. Mampu melindungi daratan dari hantaman ombak besar dan erosi pantai


Biasanya memang keberadaan mangrove cukup banyak dijumpai di area pesisir. Area inilah yang secara langsung berhadapan pada arus air dari laut, sehingga ketinggiannya bisa berbeda-beda.

Dilansir dari The Nature Conservancy, mangrove bisa secara efektif melindungi tanah dari erosi dan juga menyeimbangkan kenaikan air laut akibat ombak besar. Selain itu, mangrove juga cukup ampun menurunkan risiko tsunami yang akan berdampak pada area hutan atau area sekitar.

6. Mangrove tumbuh di 124 negara


Mangrove tumbuh di 124 negara tropik dan subtropik dengan luasan di dunia sekitar 15,2 juta hektare. Berdasarkan penelitian Spalding, dkk, tahun 1997, Indonesia bersama empat negara lainnya (Australia, Brasil, Nigeria, dan Mexico) mewakili 48% dari luasan hutan mangrove dunia. Luasan mangrove di Brasil diperkirakan 1,3 juta ha, Nigeria (1,1 juta ha), dan Australia (0,97 juta ha).

Demikianlah fakta menarik hutan mangrove yang perlu untuk Kamu ketahui. Dengan deretan fakta menarik diatas, Kamu pasti paham bahwa menjaga atau melestarikan hutan mangrove adalah hal yang wajib dilakukan demi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan