Mengenal Manfaat dan Daftar Taman Hutan Raya yang Ada di Indonesia

 


Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal kaya akan keanekaragaman hayati. Hal itu dibuktikan dengan masuknya Indonesia ke dalam 10 besar negara megadiverse. Nah, untuk melindungi keanekaragam hayati tersebut, pemerintah membangun kawasan hutan konservasi sebagai habitat alami flora dan fauna endemik.

Pembangunan tersebut tercantum dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 yang meluputi Taman Nasional, Taman Wisata Alam dan Taman Hutan raya. Kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai Taman Hutan Raya.

Pengertian Taman Hutan Raya

Taman Raya merupakan kawasan pelestarian alam yang bertujuan sebagai tempat mengoleksi tumbuha  dan hewan, baik asli maupun bukan asli Indonesia. Sehingga habitat tiap-tiap ekosistem dapat tumbuh secara alami maupun buatan.

Kawasan TAHURA merupakan kawasan lindung yang termasuk dalam jenis hutan konservasi, akan tetapi pemanfaatannya dapat dilakukan demi kepentingan komersial dengan batasan dan peraturan tertentu agar tidak bertentangan dengan fungsinya.

Manfaat Taman Hutan Raya

Kehadiran TAHURA dimanfaatkan sebagai pelestarian bagi floradan fauna serta sebagi tempat berkumpulnya manusia untuk mengenal dan menikmati alam. Selain itu, TaHURA juga bermanfaat sebagai penjaga ekosistem di suatu daerah.

Di samping manfaat, TAHURA juga bertujuan untuk menjaga terjaminnya kelestarian kawasan hutan dan ekosistemnya, serta terbinanya koleksi biodiversitas baik flora maupun fauna. Tujuan lainnya tentu sebagai penunjang berbagai kegiatan manusia seperti penelitian, edukasi, sosial, dan budaya serta pengembangan masyarakat dan adat istiadat.

Daftar Taman Hutan Raya di Indonesia

1. Taman Hutan Raya R. Suryo


Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah Mojokerto, Jawa Timur dan memiliki luas lahan mencapai 27.868,30 hektar. Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 19 Mei tahun 2001.

TAHURA  ini dikelola oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

2. Taman Hutan Raya Bontobahari

Taman hutan raya bontobahari terletak di daerah Bulukamba, Sulawesi Selatan. TAHURA ini telah diresmikan sejak tanggal 1 Oktober tahun 2014.

Di tempat ini Kamu bisa menemui berbagai macam flora dan fauna. Taman ini diketahui memiliki luas hingga 3.475 hektar.

3. Taman Hutan Raya Bukit Soeharto


Taman hutan raya ini memiliki luas wilayah sekitar 61.850 hektar dan terletak di daerah kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Taman ini sudah diresmikan oleh pemerintah sejak tanggal 19 Oktober tahun 2004. Selain itu, taman ini diketahui menjadi kandidat lokasi Ibu Kota Negara (IKN) menggantikan Jakarta, seperti halnya Jonggol, Bogor yang sempat ditetapkan menjadi kandidat IKN oleh Presiden RI Soeharto pada tahun 1994.

4. Taman Hutan Raya Bukit Barisan


Taman hutan ini berada di daerah Sumatra Utara, tepatnya di kecamatan Berastagi, kabupaten Karo. Taman hutan raya bukit barisan memiliki luas taman yang sangat luas yaitu 51.600 hektar. Taman hutan raya ini ditetapkan pada tahun 1988, tepatnya pada tanggal 29 November 1998.

Di dalam taman hutan raya bukit barisan terdapat beberapa jenis kayu-kayuan hutan tropis yang memiliki usia diatas 60 tahun. Selain itu juga terdapat berbagai spesies kupu-kupu langka. Ada juga gajah yang dimanfaatkan sebagai transportasi bagi para wisatawan untuk mengelilingi taman hutan.

5. Taman Hutan Raya Cut Nyak Dien


Taman hutan raya ini terdapat di daerah kabupaten Aceh Bear dan Pidie, NAD dan memiliki luas taman sekitar 6300 hektar. Taman hutan raya ini ditetapkan sejak tanggal 15 Maret 2001.

6. Taman Hutan Raya Mohammad Hatta


Taman hutan raya ini terletak di daerah Padang, Sumatra Barat dan memiliki luas taman sekitar 21.100 hektar. Taman raya mohammad hatta ini ditetapkan sejak tanggal 27 Maret tahun 1993.

Di dalam taman hutan raya ini terdapat berbagai jenis flora yang didominasi oleh pinus dan akasia. Selain itu juga ada berbagai jenis dari fauna seperti rusa, babi, kera ekor panjang dan lainnya.

7. Taman Hutan Raya Palasari


Taman hutan raya palasari ini terletak di daerah Sumedang, Jawa Barat. Taman ini sudah ditetapkan sejak tanggal 10 Agustus 2004 dan memiliki luas taman yaitu 35 hektar.

8. Taman Hutan Raya Prof. Ir. Herman Yohanes


Taman hutan raya ini sudah ditetapkan dan diresmikan pada tanggal 11 Oktober 1999. Taman hutan ini letaknya berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan memiliki luas mencapai 1900 hektar.

Taman hutan raya ini merupakan satu satunya taman hutan raya yang berada di NTT dan oleh pemerintahan daerah dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh banyak orang. Terdapat bermacam jenis flora dan fauna yang terdapat di dalam taman hutan raya ini.

9. Taman Hutan Raya Ngurah Rai


Taman hutan raya ngurah rai ini letaknya berada di daerah Bali yaitu di kabupaten Badung. Taman hutan raya ngurah rai ini memiliki luas lahan sekitar 1392 hektar dan sudah ditetapkan atau diresmikan oleh pemerintah pada tangal 15 Februaru tahun 1988.

Taman hutan raya ngurah rai ini terbuka untuk siapa saja atau terbuka untuk umum dan sangat cocok utuk belajar lingkungan hutan bakau. Taman hutan raya ini memiliki keberagaman jenis flora dan fauna dengan aneka jenis mangrove atau fauna khas dari pesisir.

10. Taman Hutan Raya Gunung Bunder


Taman hutan raya ini terletak didaerah kecamata Playen, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Taman hutan ini memiliki luas lahan taman sekitar 617 hektar. Taman hutan raya ini sudah diresmikan sejak tanggal 28 September 2004.

Taman hutan raya gunung bunder ini dibagi menjadi 3 zona yaitu zona pertama ada atraksi gajah, area bersepeda, kuliner gantung dan perkemahan. Zona kedua ada pusat penelitian, pusat indukan rusa. Terakhir zona ketiga ada penangkaran reptil, taman burung dan koleksi satwa.

11. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim


Taman hutan raya ini berada di daerah kabupaten Siak, Riau dan memiliki luas sekitar 6.172 hektar. Taman ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sejak tanggal 26 Mei tahun 1999. Berbagai fasilitas umum tersedia di taman hutan raya ini.

Tercatat sekitar 127 jenis flora yang tumbuh dan berkembang di dalam taman hutan raya ini. Selain itu juga memiliki berbagai jenis fauna yang cukup tinggi. Di sana juga terdapat pusat pelatihan gajah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda gunung.

12. Taman Hutan Raya Nuraksa


Taman hutan raya nuraksa ini letaknya berada di kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Taman ini memiliki luas yang lebih luas dibandingkan dengan taman hutan raya yang ada di Bali yaitu 3.115 hektar.

Taman hutan raya nuraksa ini sudah ditetapkan sejak tanggal 27 April tahun 1999. Di dalam taman hutan raya ini ada area untuk berkemah dan juga rute untuk hiking. Ada air terjun yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi, yakni  air terjun Segenter.

13. Taman Hutan Raya Murhum


Taman hutan raya murhum ini letaknya berada di daerah Kendari, Sulawesi Tenggara. Taman ini memiliki luas wilayah sekitar 7.877 hektar dan sudah diresmikan oleh pemerintah sejak tanggal 2 Maret tahun 1999.

14. Taman Hutan Raya Poboya Paneki


Taman hutan raya ini terletak di Sulawesi Tengah dan memiliki lahan seluas 7.128 hektar. Taman hutan ini sudah diresmikan oleh pemerintah sejak tanggal 9 April tahun 1999.

15. Taman Hutan Raya Thaha Syaifudin


Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 15 Maret 2001 dan terletak di daerah kabupaten Batang, Jambi. Luas dari taman hutan raya ini sekitar 15830 hektar. Di taman hutan raya ini memiliki fungsi utama yaitu pelestarian kayu bulian yang merupakan salah satu jenis kayu unggulan dari daerah Jambi.

16. Taman Hutan Raya Rajo Lelo


Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah kecamatan Muara Bangka, Bengkulu Utara dan memiliki luas lahan sekitar 1122 hektar. Taman hutan raya ini sudah ditetapkan pada tanggal 7 Januari tahun 1998.

Di dalam taman hutan raya rajo lelo ini terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna seperti habitat bunga Kibut dan tumbuhan langka lainnya ada di dalam taman hutan raya ini. Selain itu juga terdapat banyak sekali jenis burung di taman ini.

17. Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman


Taman hutan raya ini memiliki luas lahan sekitar 22.245 hektar dan terletak di daerah Lampung Selatan. Taman ini sudah ditetapkan sejak tahun 1999 tepatnya pada tanggal 1 September.

Kawasan taman hutan raya ini juga dikembangkan oleh pemerintah menjadi pusat wisata edukasi alam yang memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.

18. Taman Hutan Raya Palu


Taman hutan ini berada di daerah Palu, Sulawesi Tengah dan memiliki luas lahan sekitar 8100 hektar. Taman hutan ini sudah diresmikan sejak tanggal 4 September 1995.

Di dalam taman hutan raya ini terdapat berbagai jenis flora yaitu cendana, angsana, nyatoh, kayu hitam dan masih banyak lagi. Sedangkan fauna yang berada di dalam taman hutan ini yaitu burung kakak tua jambul kuning, burung tekukur hutan dan lainnya.

19. Taman Hutan Raya Sultan Adam


Taman hutan raya sultan adam terletak di kabupaten Banjar dan kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Taman hutan raya ini memiliki luas sekitar 112.000 hektar dan sudah ditetapkan oleh pemerintah sejak tanggal 18 Oktober 1898.

20. Taman Hutan Raya Ngargoyoso


Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah Karanganyar, Jawa Tengah dan sudah ditetapkan sejak tanggal 15 Juli 2003. Taman ini memiliki luas lahan sekitar 231 hektar. Taman hutan raya ini sangat cocok untuk menunjang pendidikan, pariwisata dan rekreasi.

Ada lebih dari 34 jenis fauna yang terdapat di taman hutan ini. Di taman hutan ini juga terdapat taman Bougenvile dan merupakan tempat yang tepat untuk melakukan penelitian keanekaragaman tumbuhan yang ada di taman hutan ini.

21. Taman Hutan Raya Pancoran Mas



Taman hutan raya ini memiliki luas lahan mencapai 6 hektar dan terletak di kota Depok, Jawa Barat. Taman ini sudah ditetapkan sejak tanggal 7 Mei tahun 1999. Taman hutan ini merupakan taman hutan yang tertua di Indonesia.

Di dalam taman hutan ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna. Pepohonan yang rindang merupakan tempat nyaman bagi para burung. Semak belukar merupakan tempat bagi serangga, harimau dan lainnya

22. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda


Taman hutan raya ini letaknya berada di daerah kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat dan dekat sekali dengan pusat kota. Taman hutan ini memiliki luas lahan sekitar 590 hektar. Taman hutan raya ini sudah ditetapkan sejak tanggal 14 Januari tahun 1995.

Di dalam taman hutan raya djuanda terdapat berbagai macam jenis dari flora dan fauna. Selain itu banyak objek wisata yang berada di dalam kawasan taman hutan ini. Jadi jika masyarakat berlibur ke taman hutan djuanda bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna serta berekreasi.

Nah, itulah seputar informasi mengenai taman hutan raya yang perlu Kamu ketahui. Jika Kamu ingin berkunjung ke TAHURA, sebaiknay Kamu harus mengikuti peraturan yang ada agar ekosistem TAHURA tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan