Mengenal Fakta Menarik Hutan Buatan

 

 

Hutan adalah kawasan lahan dan area tertentu yang ditumbuhi pohon-pohon. Secara umum pengertian hutan adalah suatu tempat yang dihuni oleh berbagai macam jenis tumbuhan yang lebat. Seperti semak, rumput, jamur, tumbuhan jenis paku-pakuan, pohon-pohon serta tumbuhan lainnya di suatu wilayah yang sangat luas. Hutan harus dilestarikan.

Nah ternyata ada juga hutan buatan loh. Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan di bahas tentang hutan buatan.

Pengertian Hutan Buatan

Hutan buatan merupakan salah satu jenis hutan sengaja dibuat dan dibudayakan oleh manusia. Karena sengaja dibentuk oleh manusia, maka hutan ini memiliki sifat yang sedikit berbeda dengan jenis hutan lainnya yang terbentuk secara alami.

Ciri – Ciri Hutan Buatan

1. Perkembangan dapat di kontrol oleh manusia

2. Tata letak tanaman lebih rapi daripada hutan alami

3. Fauna yang hidupjenisnya tidak banyak dan tidak bervariasi seperti hutan alami

4. bisa berada di tengah - tengah atau sekitar pemukiman masyarakat

Jenis Hutan Buatan

1.   Hutan Kota (urban forest) 

Hutan Kota (urban forest) adalah kawasan ruang terbuka hijau di daerah perkotaan. Fungsi               hutan kota sebagai nilai estetika keindahan kota dan mengurangi degradasi lingkungan perkotaan dari dampak negatif pembangunan wilayah perkotaan. 

2.   Hutan Tanaman Industri (timber estates atau timber plantation) 

Hutan Tanaman Industri adalah kawasan yang ditumbuhi pepohonan.manfaat hutan tanaman industri adalah untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku industri kehutanan, seperti bahan baku kayu maupun nonkayu.

3.   Hutan Rakyat (community forest)

Hutan Rakyat (community forest) adalah hutan yang dibuat oleh rakyat dan pengelolaannya dilakukan oleh rakyat. Biasanya hutan rakyat terletak di wilayah tanah milik adat atau tanah milik negara.

Manfaat Hutan Buatan

1. Objek Wisata

Hutan buatan juga bermanfaat untuk saran rekreasi dan obyek wisata. Karena dibuat oleh manusia, biasanya hutan ini memiliki tata letak dan estetika yang baik, seperti kerapian, jenis tanaman, dan sebagainya.

2.   Rumah Bagi Flora dan Fauna

Hutan adalah rumah dan habitat bagi flora dan fauna, disana mereka lahir, tumbuh dan berkembang. Kalau hutan menjadi rusak, lalu mereka mau tinggal dimana? Kita tentu pernah melihat pemukiman yang dirusak hewan liar, itu karena rumah dan habitat mereka yang dirusak terlebih dahulu.

3. Penyeimbang Alam.

Kawasan perkotaan yang padat dan erat berkaitan dengan pencemaran menyebabkan kualiatas lingkungan hidup semakin rendah. Oleh sebab itu, kondisi lingkungan perkotan perlu dinetralisir dengan oksigen serta kualitas air tanah. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan adanya hutan buatan.

4.   Untuk Pendidikan

Tidak hanya sebagai tempat wisata, hitan juga bisa dijadikan sebagai tempat riset dan penelitian untuk pendidikan. Penelitian-penelitian seperti ini bisa menginformasikan kepada masyarakat bagaimana pentingnya keberadaan hutan dan menyadarkannya agar selalu menjaga dan melestarikannya.

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian, Jenis- jenis dan Manfaat Hutan Buatan Beserta Contoh Hutan Buatan. Semoga Bermanfaat ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan