Inilah 5 Jenis Hutan Berdasarkan Bentang Alamnya

 

Hutan dikenal sebagai lahan yang luas, yang sebagian besar ditumbuhi pepohonan. Ini juga memiliki berbagai jenis satwa liar dan sumber daya alam yang membentuk ekosistemnya sendiri. Hutan ditemukan di daratan dan badan air yang dicirikan oleh bentang alamnya. Seperti beberapa jenis hutan di bawah ini.

1. Hutan Pegunungan 


Hutan ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter. Hutan ini dapat dibagi lagi menjadi tiga jenis sebagai berikut.

  • Hutan sub alpin, hutan pegunungan dengan ketinggian di atas 2400 mdpl.

  • Hutan montana, hutan pegunungan dengan ketinggian 1500 hingga 2400 mdpl

  • Hutan sub montana, hutan pegunungan dengan ketinggian 1000 hingga 155 mdpl

2. Hutan Dataran Rendah


Seperti namanya, ini adalah hutan dataran rendah di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut.

3. Hutan Perairan


Hutan perairan adalah suatu kawasan daratan atau perairan yang ditumbuhi tumbuhan air dan terumbu karang. Hutan ini biasanya kaya akan berbagai flora dan fauna yang menghuni ekosistemnya.

4. Hutan Gambut


Disebut hutan gambut karena tanahnya gambut. Gambut di sini berarti hasil pelapukan pohon yang telah hidup selama jutaan tahun. Struktur tanah hutan gambut biasanya ringan, gembur, dan kaya air. Saat Anda menginjaknya, Anda merasa seperti kepala Anda akan botak. Lahan gambut ini juga merupakan penyerap karbon bagi dunia.

5. Hutan Rawa


Hutan ini berdiri di atas lahan basah. Saat musim hujan, hutan rawa biasanya tergenang air dan selalu basah. 

6. Hutan Mangrove


Hutan mangrove biasanya merupakan hutan yang ditumbuhi oleh pohon mangrove yang padat penduduknya di daerah pesisir pantai dan sekitar air. Hutan ini sangat berguna dalam menahan erosi (abrasi) dari serangan air laut. Selain itu, hutan mangrove merupakan tempat berkembang biak yang nyaman bagi hewan laut.

7. Hutan Batu Kapur


Hutan ini terdiri dari formasi batuan tinggi yang muncul dari tanah seperti stalagmit terlihat seperti pohon yang membatu, menciptakan ilusi hutan berbatu. Proses geologis dan erosi air telah membentuk batu kapur menjadi seperti apa yang kita lihat sekarang.

8. Savana


Savana adalah ekosistem khas untuk daerah dengan curah hujan yang rendah. Jenis pohon yang menghuni ekosistem savana antara lain jenis palem seperti Borassus flabelifer dan Corypha utan. Daerah yang kering dan panas menghadirkan eksotisme dan keindahannya tersendiri. Ekosistem savana menawarkan nuansa Afrika dengan keliaran padang rumput dan keanekaragaman hewan di dalamnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan