Jenis-Jenis Tumbuhan yang Ada di Hutan Gugur

Hutan gugur adalah sebuah ekosistem yang terdiri dari flora dan fauna khas yang ada pada wilayah hutan yang mengalami empat musim.

 Letak hutan gugur yaitu, terletak pada antara 30º – 40º garis Lintang Utara dan garis Lintang Selatan dengan wilayah beriklim sedang. Berada di wilayah Amerika Serikat di bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Asia Tengah, Asia Timur seperti pada negara China, Korea dan Jepang, dan Eropa bagian Tengah dan Australia.

Kali ini akan membahas tumbuhan yang ada di hutan gugur. Yuk, simak pembahasannya.

1. Carpet Moss (Lumut Karpet)

Lumut adalah tanaman hijau tanpa akar yang sederhana. Tumbuhan ini hidup di berbagai habitat, paling sering ditemukan menutupi tanah, tumbuh di dasar sungai, dan di pangkal pohon di hutan gugur. Lumut karpet tumbuh di Amerika Utara bagian timur dan Eropa.

Lumut karpet menyelimuti tanah.  Pada musim semi, lumut karpet berwarna hijau keemasan kemudian berubah menjadi hijau tua seiring bertambahnya usia.

Daunnya tumbuh sejajar satu sama lain dan meruncing ke ujung. Tepi daun memiliki sel-sel panjang dan sempit yang tumbuh berpasangan dan membuat tepi daun terlihat bergerigi.

2. White Birch (Birch Putih)

Birch Putih adalah pohon daun berukuran kecil hingga sedang yang tumbuh setinggi 70 atau 80 kaki. Daunnya kecil berbentuk telinga ditemukan di ujung ranting dan cabang yang terkulai. White Birch memiliki bunga jantan dan betina yang disebut catkins.

White Birch berubah menjadi kacang kecil bersayap, yang matang pada awal Agustus hingga pertengahan September. Sayap membantu benih terbang menjauh dari pohon induk sehingga tidak terjadi persaingan memperebutkan makanan dan air.

3. Guelder Rose (Mawar Guelder)

Mawar Gueldel tumbuh di dataran rendah dan semi-teduh di Skotlandia dan Inggris. Mawar ini juga khas asli dari hutan di hutan gugur Eropa. Itu ditemukan di tepi hutan, pagar tanaman dan rawa-rawa.

Bunga Mawar Guelder berwarna putih bersalju dengan pucuk datar berukuran 3 hingga 5 inci. Bunganya berbentuk roda dan bagian luar bunganya memiliki lima kelopak dan steril. Bunga bagian dalam subur dan sangat kecil. Bunganya berubah menjadi buah beri merah.

Mawar ini indah di bulan Agustus saat buah beri matang, dan daunnya berubah menjadi merah cerah atau ungu pekat sebelum jatuh. Daunnya seperti maple dan bisa tumbuh setinggi 5 hingga 10 kaki.

4. Norhern Arrowwood

Norhern Arrowwood memiliki bunga putih hingga merah muda kecil dalam kelompok dengan puncak datar sekitar 4 inci, yang mekar dari Mei hingga Juni. Daun dan bunganya tumbuh di pucuk pucuk yang panjang.

Tanaman ini berwarna hijau tua, daun lonjong berbentuk oval yang tumbuh berseberangan di batangnya. Ujung daunnya runcing dan bagian bawahnya bulat atau berbentuk hati. Daunnya memiliki panjang sekitar 4 inci dan lebar 3 inci.

Demikianlah pembahasan tentang tumbuhan yang ada di hutan gugur. Semoga artikel ini bermanfaat ya guys!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan