Masalah Terbesar Penyebab Hutan Gundul dan Dampaknya

 

Ketika hutan berubah menjadi lahan gundul maka akan merugikan makhluk hidup. Masih ingatkah teman-teman apa saja fungsi hutan bagi kehidupan di bumi? Pohon, seperti yang kita ketahui adalah sumber oksigen bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Akar pada pohon juga berfungsi untuk menyerap dan menahan kandungan air di dalam tanah maupun air dari hujan. Sehingga dapat mencegah bencana banjir yang akan membahayakan penduduk dan makhluk hidup lain.

Hutan juga merupakan tempat hidup sebagian hewan-hewan liar dan tempat tumbuhnya tanaman. Hal ini bisa menyebabkan banyaknya hewan dan tumbuhan terancam punah.

apa saja penyebab dan dampak dari hutan gundul bagi bumi dan manusia.

1. Penyebab Hutan Gundul

·      Pengalihan Fungsi Hutan

Fungsi hutan yang seharusnya menjadi tempat hidup berbagai flora dan fauna dijadikan menjadi pemukiman, lahan pertanian, ataupun sebagai lahan sawit. Semakin bertambahnya penduduk mengakibatkan kebutuhan akan lahan bertambah dan juga kebutuhan ekonomi semakin meningkat.

Selain itu permintaan akan sawit semakin lama semakin meningkat, padahal lahan sawit tidak dapat menampung besarnya permintaan. Pada akhirnya pengalihan fungsi hutan menjadi lahan sawit menjadi solusi tercepat.

·      Kebutuhan Masyarakat

Tingginya kebutuhan masyarakat terutama kertas yang berbahan dasar dari pohon. Semakin meningkatnya kebutuhan kertas, maka semakin banyak pohon yang ditebang. Gerakan menghemat kertas merupakan salah satu cara untuk tidak menebang pohon di hutan sampai membuat hutan gundul.

·      Faktor Alam

Kebakaran hutan terjadi karena cuaca yang sangat panas dan juga pemanasan global yang membuat suhu bumi semakin meningkat. Kebakaran hutan dapat menyapu luasnya hutan dalam waktu singkat.

·      Pertambangan

Sering kali area pertambangan dilaksanakan di daerah hutan. Pembukaan tambang mengharuskan pohon di hutan harus di tebang. Selain itu area untuk trasportasi tambang juga memerlukan area yang luas. Setelah selesai menabang banyak pelaku usaha yang tidak mengembalikan ke fungsi awal sebagai hutan dan terkesan membiarkan saja, karena memerlukan biaya yang sangat besar.

·      Teknologi Semakin Maju

Perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam melaukan berbagai hal, tak terkecuali dengan penebangan pohon. Namun hal tersebut berdampak negatif. Sangking mudah dan cepatnya, memotong pohon hanya dalam hitungan detik. Selain itu tidak ada tebang pilih. Semua pohon akan ditebang.

2. Dampak Hutan Gundul

Hutan yang gundul memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan makhluk hidup, diantaranya:

·      Kekeringan

Hutan adalah tempat resapan air. Apabila tidak ada resapan air, maka kekeringan akan melanda berbagai daerah yang berakibat pada kehidupan manusia yang sangat bergantung pada air.

·      Matinya Flora dan Fauna

Hutan adalah tempat tinggal dari flora dan fauna. Apabila tempat tinggal mereka hilang, semakin lama populasi flora dan fauna akan berkurang. Pada akhirnya flora dan fauna akan menjadi korban dari hilangnya habitat mereka.

·      Bencana Alam Semakin Sering Melanda

Hutan adalah tempat dari resapan air. Saat hujan tidak ada lagi yang menyerap air yang harusnya diserap akar pohon. Tanah yang terkena hujan secara terus menerus menyebabkan kontur dan struktur tanah akan rusak yang kemudian menyebabkan tanah longsor.

Menjaga dan reboisasi hutan adalah cara untuk menanggulangi hutan yang gundul. Selain itu untuk menebang pohon haruslah secara tebang pilih. Apabila penggundulan terus terjadi, maka banyak lagi dampak negatif yang diberikan.

·      Rendahnya Kualitas Oksigen

Pohon adalah penghasil oksigen dari proses fotosintesis. Apabila pohon semakin sedikit maka oksigen yang dihasilkan semakin rendah.

·      Pemanasan Global

Selain menghasilkan oksigen, pohon juga menyerap karbon dioksida untuk proses fotosintesis. Karbon dioksida dihasilkan dari polusi kendaraan dan juga sisa industri. Apabila banyak hutan gundul mengakibatkan bumi akan semakin panas karena tidak ada lagi yang menyerap karbon dioksida.

Nah, itulah masalah terbesar penyebab hutan gundul dan dampaknya. Semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan