Hutan Indonesia Penghuni Hewan Langka

 

Hutan indonesia memiliki hewan langka sebagai penghuninya dan sudah pasti di lindungi oleh negara. Bagi Traveler yang suka menjelajahi alam liar, sangat pas bila berkunjung ke hutan yang memiliki hewan langka.

nah, disini akan mengulas hutan apa saja yang cukup banyak menampung hewan langka dan dibuka untuk umum, baik wisatawan lokal dan mancanegara.

Taman Nasional Puting

Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah mulai dikenal banyak orang dengan daya tarik sebagai hutan dengan orang utan terbanyak dan menjadi destinasi para turis mancanegara untuk melihat hewan langka ini dari dekat.

Namun, ini bukanlah satu-satunya tempat konservasi orangutan di Indonesia. Ada beberapa Taman Nasional yang jadi habitat mereka seperti di beberapa kota di Sumatera, penjelajah wajib ke sini.

Hutan Tiger Sanctuary dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi Barumun

Kawasan suaka marga satwa Hutan Tiger Sanctuary dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Barumun di Padang Lawas, Sumatera Utara ini memiliki luas kurang lebih 36.261 hektare.

Program ini merupakan kerjasama yang digagas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumut yang didukung oleh Tropical Forest Conservation Action (TFCA) Sumatera, Konsorsium barumun, Balai Taman Nasional Batang Gadis dan Pemda Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal dan Tapanuli karena Lahan Tiger Sanctuary dan KPHK Barumun berada di kawasan empat kabupaten. Yakni Padang Lawas.

Padang Lawas Utara. Mandailing Natal dan Tapanuli.Selain menjadi tempat konservasi gajah, ada harimau yang pertengahan 2016 ditemukan warga di Mandailing Natal terjebak di jebakan babi, setelah proses penyembuhan dan penjinakan, harimau dilepas di kawasan KPHK.

Monkey Forest

Kawasan Monkey Forest, Ubud, di Bali ini merupakan tempat hidup ratusan ekor kera Bali. Tempat ini dibuka untuk umum sebagai lokasi tujuan wisata sehingga tidak heran setiap hari kawasan ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Turis antusias melihat satwa khas Indonesia yang satu ini, oleh sebab itu masyarakat Indonesia harus bangga dan menjaga hewan langka yang ada di hutan nasional.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Sesuai namanya, Pulau Komodo dihuni hewan langka yang hanya bisa dijumpa di beberapa tempat ini. Komodo menjadi satwa yang harus diperhatikan dan harus dijaga untuk keberlangsungan kuantitas Komodo ke depannya.

Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Berada di ujung paling barat daya Pulau Jawa dan di seberang Gunung Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman pertama yang ada di Indonesia. UNESCO memasukkan taman ini sebagai warisan dunia sejak 1991.

Taman ini jarang dikunjungi meskipun merupakan taman paling terkenal. Ujung Kulon terkenal sebagai tempat perlindungan terakhir dari badak Jawa bercula satu, yang merupakan salah satu mamalia paling terancam punah di dunia.

 Selain badak Jawa, taman ini juga menjadi rumah bagi monyet Owa Jawa, anjing hutan, banteng, lutung, monyet ekor panjang, macan tutul, kancil, dan sebagainya. Ada juga lebih dari 72 spesies reptil dan amfibi, serta 240 spesies burung yang menjadikan Ujung Kulon sebagai rumah mereka.

Nah, kita sudah mengulas tentang hutan Indonesia memiliki hewan langka, semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar