6 Hutan Fantastis di Dunia yang Membuat Takjub, Salah Satunya di Indonesia



Hutan adalah suatu ekosistem berupa suatu kawasan luas lahan yang didominasi oleh pepohonan, yang mengandung sumber daya alam hayati. Sebagai habitat kawanan satwa eksotik yang saling terikat satu sama lain, bagi sebagian masyarakat hutan menjadi destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi selain pantai dan danau.

Hutan merupakan habitat alami bagi banyak flora dan fauna. Saat ini beberapa hutan di dunia telah menjadi kawasan yang sangat dilindungi karena adanya deforestasi yang dilakukan oleh manusia.

Hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia memberikan kontribusi yang sangat penting bagi kehidupan di bumi itu sendiri. Selain fungsinya ini, ternyata ada banyak hutan yang juga sangat fantastis dan menakjubkan di dunia ini.

1. Hutan Amazon (Amerika Selatan)


Hutan Amazon dianggap sebagai hutan paling menakjubkan dan legendaris di dunia. Terletak di sembilan negara, hutan ini mencakup area seluas sekitar 7 juta kilometer persegi, dengan luas inti 5,5 juta kilometer persegi.

Sekitar 30% oksigen di bumi berasal dari hutan Amazon. Hal ini menjadikan Amazon menjadi salah satu hutan terpenting di bumi dan keberadaannya sangat penting bagi kehidupan manusia.

Brazil sendiri merupakan salah satu dari sembilan negara yang wilayahnya ditutupi oleh hutan hujan Amazon yaitu sekitar 60%. Hutan ini adalah rumah bagi lebih dari 40.000 spesies tanaman, 400 spesies mamalia, 1.300 spesies burung, dan jutaan serangga. Sekitar 10% spesies yang ada di dunia hidup di hutan Amazon.

2. Green Mountain National Forest (Amerika Serikat)


Udara segar dan banyaknya pohon apel adalah ciri umum hutan green mountain national forest. Dengan dedaunannya yang beraneka ragam dan perpaduan unik dari banyak warna merah, kuning, dan emas menjadikan hutan ini terlihat memukau dari atas. Pertengahan September hingga Oktober adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan musim gugur di hutan Amerika tersebut.

3. Arashiyama Bamboo Grove (Jepang)


Dulunya merupakan kawasan peristirahatan Kekaisaran Jepang, tempat ini terkenal dengan pemandangan rumpun bambu yang memesona. Sempat menjadi rumah bagi kuil dan biara Buddha, hutan bambu eksotis ini sekarang menjadi sering dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati pemandangan kuil dan hutan bambu yang menakjubkan ini. Rumpun bambu yang berkelok-kelok dan suara gemerisik dedaunan yang tertiup angin membuat rumpun bambu Arashiyama terasa seperti dunia dongeng.

4. Hutan Papua Barat (Indonesia)


Hutan Indonesia telah lama menjadi sumber oksigen bagi sebagian besar penduduk planet ini dan dijuluki sebagai paru-paru dunia. Hutan Papua Barat adalah salah satu hutan paling eksotis di dunia dan kaya akan kehidupan. 

Suku korowai yang tinggal di sana telah lama beradaptasi dengan lingkungan hutan yang ekstrim. Salah satunya adalah dengan membangun rumah di atas pohon untuk menghindari gigitan nyamuk. 

Setiap rumah dibangun untuk menampung hingga 10 orang dan diakses melalui tangga sempit yang tinggi. Namun, hutan Indonesia ini kini sudah mulai terancam yang diakibatkan dari kebakaran hutan hingga deforestasi.

5. Azrou Cedar Forest (Maroko)


Hutan Cedar adalah habitat alami bagi kawanan hewan langka dan eksotis, termasuk Kera Barbary. Mereka berkeliaran di hutan dalam koloni hingga 100 monyet. Pohon cedar yang merupakan rumah bagi kera Barbary dapat hidup hingga lebih dari 400 tahun dan mencapai tinggi batang hingga 200 kaki.

6. Bellavista Cloud Forest (Ekuador)


Di negara Amerika Latin ini, tanaman hijau basah adalah gambaran umum dari hutan Bellavista Cloud Forest. Dikenal sebagai habitat alami dinosaurus prasejarah, hutan ini dipenuhi dengan air terjun berwarna keperakan dan pegunungan yang sering diselimuti kabut gelap. Bellavista Cloud Forest adalah rumah bagi lebih dari 300 spesies burung.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan