Mengenal Taman Nasional Terbaik di Kalimantan

Indahnya pulau Kalimantan tak perlu diragukan lagi, apalagi masih banyak tempat- tempat yang masih sangat dijaga keasliannya dan sengaja tidak dikelola modern.

Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli, yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan,pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Nah kali ini akan membahas taman nasional terbaik di Kalimantan. Yuk simak pembahasannya.

1. Taman Nasional Sebangau

Taman nasional ini berlokasi di Jalan Mahir Mahar KM 1,2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Taman Nasional Sebangau adalah salah satu kawasan pelestarian rawa gambut terbesar di Indonesia dan merupakan tempat pelestarian flora dan fauna.

2. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman nasional Kayan Mentarang berada di  Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur. Uniknya, ada banyak peninggalan arkeologi berupa kuburan dan alat-alat dari batu yang merupakan aset penting pulau Kalimantan di taman nasional ini.

Taman nasional ini adalah hutan primer terbesar di Indonesia dengan luas  1.350.000 hektar ini, bahkan di Asia Tenggara.

3. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional ini berada di Kabupaten Kutai, provinsi Kalimantan Timur.  Ada tiga jenis tipe vegetasi utama di sini yaitu vegetasi hutan pantai/mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur.

4. Taman Nasional Betung Kerihun

Taman nasional ini berlokasi di kawasan pegunungan Muller, Kalimantan Barat. Betung Kerihu memiliki keanekaragaman tumbuhan bernilai tinggi sebanyak 1.216 jenis, kurang lebih 48 jenis mamalia termasuk 7 jenis primata, ratusan jenis burung dan masih banyak lagi.

5. Taman Nasional Gunung Palun

Taman nasional ini terletak di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Ada berbagai kenekaragaman hayati yang tumbuh di sana. Satwa yang paling dicari  di sini adalah Orangutan, rusa sambar, Owa Kalimantan dan masih banyak lagi.

6. Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya terletak di pegunungan Swener dan Muller yakni perbatasan antara Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya mempunyai luas wilayah sekitar 181.090 hektar. Dalam Taman Nasional Bukit Baka- Bukit Raya terdapat hutan hujan tropis dan hutan pegunungan.

Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman Nasional Kayan Mentarang  ini berlokasi di wilayah Kalimantan Utara dan mempunyai luas wilayah sekitar 1.360.900 hektar. Kawasan taman nasional Kayan Mentarang merupakan hutan dataran rendah dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi oleh kabut tebal.

Ada beberapa jenis flora yang mendiami kawasan taman nasional ini yaitu pohon Jelutung, Meranti, Kayu ulin dan Gaharu.

Demikianlah informasi tentang taman nasional terbaik di Kalimantan. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan