Fakta Menarik Bunga Mawar


Bunga mawar merupakan tanaman tertua di dunia. Fosil mawar ditemukan sekitar jutaan tahun yang lalu di Florissant, Amerika Serikat.

Bunga tercantik di dunia ini banyak disukai karena aromanya juga tampilannya yang indah. Tidak hanya indah, aroma mawar ini merupakan wewangian yang paling banyak disukai oleh wanita.

Ada beberapa fakta menarik seputar bunga mawar, untuk itu artikel ini akan membahas seputar fakta mawar yang tidak banyak diketahui, simak dibawah ini!

Mawar Memiliki Makna Berbeda

Bunga mawar memiliki lebih dari 100 spesies, dengan variasi warna, bentuk, dan juga preferensi iklim. Warna mawar tergantung pada spesiesnya dan setiap warna memiliki makna yang berbeda juga.

Mawar merah melambangkan dari cinta dan gairah, kemudian mawar merah muda yang memiliki makna cinta yang bersemi, lalu mawar kuning merupakan tanda persahabatan yang universal, mawar putih merupakan symbol kemurnian dan kedamaian, dan mawar oranye yang merupakan symbol dari hasrat dan semangat. Selain itu, kamu juga bisa membaca biodata dikta yovie nuno dan buah tinggi vitamin E.

Tanaman tertua di Dunia

Bunga mawar merupakan tanaman tertua di dunia. Fosil bunga mawar ditemukan sekitar 35 juta tahun yang lalu. Mawar tertua di dunia tumbuh selama lebih dari seribu tahun di dinding Katedral Hildesheim, di Jerman.

Keberadaan mawar tertua di dunia tersebut mulai di dokumentasikan sejak 815 Masehi. Menariknya lagi, budidaya bunga mawar dimulai 500 tahun sebelum Masehi dan menghasilkan sekitar 13.000 spesies mawar.

Tumbuh Lebih dari 7 Meter

Selain warnanya yang beragam, ukuran bunga mawar juga tergantung dengan spesiesnya. Berdasarkan spesiesnya, bunga mawar dapat tumbuh dengan sangat tinggi loh. Tercatat semak mawar tertinggi yang pernah ada yaitu dari 7 meter atau lebih dari 23 kaki.

Dijadikan Parfum

Dengan aromanya yang sangat wangi, gak heran jika bunga yang terkenal dengan durinya ini, berperan besar dalam industri parfum. Minyak mawar merupakan bahan penting untuk membuat parfum.

Aroma mawar yang sangat wangi berasal dari kelenjar parfum mikroskopis yang ada di bagian kelopaknya. Aroma mawar mewakili 4 hal, yaitu emosi positif, romantic, sensual dan kebahagiaan.

Digunakan Sebagai bahan Kuliner

Tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar parfum, ternyata bunga ini banyak juga digunakan untuk bahan kuliner, bagian pinggul dan kelopak mawar digunakan sebagai bahan membuat selai.

Selain itu, air mawar digunakan untuk membuat permen karet, nougat, dan baklava. Bunga mawar juga sering digunakan untuk membuat kue dan juga salad.

Mampu Bertahan Lama

Tercatat mawar yang mampu bertahan hingga 1000 tahun lamanya. Bunga ini tumbuh subur di tembok katedral.terdapat sebuah legenda bahwa, semak-semak mawar ini melambangkan kemakmuran kota tersebut. Selama mawar ini tetap subur, Hildesheim tak akan runtuh.

Saat sekutu mengebom kota ini pada 1945, bomnya menghancurkan katedral kota Hildesheim, namun semaknyha mampu bertahan. Akarnya menjalar di bawah reruntuhan dan mampu dengan cepat berkembang kembali.

Nah itulah seputar fakta dari bunga mawar yang cantik, semoga bermanfaat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan