Fakta Menarik Bunga Tulip


Tulip merupakan salah satu bunga cantik nan popular di dunia. Bunga asal Belanda ini memiliki tampilan yang cantik dan bentuknya unik layaknya sebuah cangkir.

Selain itu, bunga yang menandakan datangnya musim semi ini juga memiliki  aneka warna yang menawan seperti kuning, merah, ungu, serta pink. Setiap warna ini memiliki makna berbeda.

Dibalik keindahannya, bunga tulip menyimpan sejumlah fakta menarik sekaligus sejarah panjang. Untuk itu artikel ini akan membahas seputar fakta menarik bunga tulip, yuk kita simak!

Memiliki Ribuan Varietas

Ada lebih dari 3.000 varietas tulip di seluruh dunia, termasuk varietas yang tumbuh secara alami dan yang dibudidayakan secara genetic. Dari tiga ribu varietas tersebut, bunga tulip dapat dibagi menjadi sekitar 150 spesies. Selain itu, kamu juga bisa membaca biodata Adipati Dolken dan Buah Penderita untuk Stroke.

Mekar dalam Waktu yang Singkat

Jika kita ingin melihat bunga tulip, sebaiknya mengunjunginya pada saat musim semi. Bunga tulip hanya dapat mekar pada kurun waktu satu hingga dua minggu. Karena waktu mekarnya yang singkat.

Bunga yang Dapat Dimakan

Tulip sebenarnya merupakan bagian dari keluarga lily, yang juga termasuk bawang merah, bawang putih, juga asparagus. Kelopaknya dapat dimakan dan telah digunakan sebagai penggantik bawang merah dan untuk membuat anggur.

Bunga tulip pernah digunakan dalam sajian makanan saat masa kelaparan di negeri kincir angin selama perang dunia ke 2.

Memiliki Makna Berbeda

Fakta unik bunga tulip selanjutnya adalah memiliki makna berbeda berdasarkan warna bunganya. Tulip merah mewakili cinta sejati. Tak heran, tulip menjadi bunga paling popular kedua pada hari valentine.

Tulip putih melambangkan permintaan maaf dan pengampunan. Tulip ungu adalah symbol kerajaan serta melambangkan harapan dan kebahagiaan.

Termasuk Bunga Termahal

Bunga tulip pernah menyebabkan kekacauan pada 1600-an. Selama ini, di Belanda, tulip sangat berharga dan dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai penyebab kehancuran ekonomi pada 1637.

Tulip Merupakan Bunga Beracun

Bagi beberapa hewan, bunga tulip bisa menjadi racun. Hal ini dikarenakan bunga tulip mengandung zat tulipalin A dan B. zat ini tidak cocok bagi hewan kuda, anjing, dan kucing. Jika kamu memiliki salah satu hewan peliharaan tersebut, sebaiknya jauhkan dari bunga ini.

Tumbuh Sendiri

Beda halnya dengan jenis bunga pada umumnya yang tumbuh dari benih, bunga tulip tumbuh dari umbi. Nutrisi yang ada pada umbi bunga tulip pun dapat membuat mereka tumbuh baik. Setelah bunga tulip mekar, umbi yang tertinggal pun bisa disimpan atau dijual kembali.

Bukan Berasal dari Belanda

Bunga tulip terkenal sebagai bunga nasional dari Negara Belanda. Bahkan, banyak orang berbondong-bondong datang ke Belanda untuk menyaksikan keindahan bunga tulip secara langsung. Meskipun begitu, bunga ini ternyata berasal dari Asia Tenggara dan Turki.

Nah, itulah seputar fakta dari bunga tulip, semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan