Hutan Amazon Diprediksi Akan Hilang 40 Tahun Lagi

 


Hutan Amazon terletak di bagian Brasil, Peru dan Negara-negara Amerika Selatan lainnya. Hutan hujan Amazon terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Sebagian besar Amazon berada di negara Brasil.

Sebagai hutan hujan terbesar di dunia, Hutan Amazon menghadari ancaman deforestasi sekitar 17%, dan pada tahun 2018 kondisi hutan amazon mengalami penurunan.

Laporan ini berdasarkan Sains dan kebijakan pada pembangunan berkelanjutan oleh ahli geologi Robert Walker dari University of Florida yang memperdiksi hutan amazon akan hilang pada tahun 2064

"Amazon Selatan diperkirakan akan mencapai titik kritis sebelum 2064 pada laju perpanjangan musim kemarau saat ini," tulis Walker, seperti dikutip dari Science Alert, Senin (4/1/2021).

Jumlah kebakaran yang terjadi di hutan Amazon pada musim kebakaran hutan bulan Oktober 2020 telah menghilangakan 1.202 Km persegi hutan lainnya juga yang ada di Negara Brasil selama empat bulan pertama.

Seorang peneliti memprediksi setelah 30-50 persen deforestasi mencapai bagian Selatan. hal ini akan mengurangi jumlah hujan hingga 40% pada bagian barat dan mengubah lingkungan yang ada di hutan tropis menjadi hutan terbuka dan Sabana.

"Hutan mendaur ulang kelembapan, yang mendukung curah hujan regional. Jika kita terus merusak hutan, jumlah curah hujan turun." jelas Walker.

Selain itu, misteri hutan amazon membuat hewan hutan amazon dan tumbuhannya juga terancam punah. Pada awal tahun 2020 di Nature Communications menemukan bahwa hutan hujan Amazon adalah salah satu tempat yang memiliki keanekaragaman hayati yang paling kaya dan menyumbang karbon di Bum yang kehilangan kemampuan menyerap kelebihan karbon dunia.

Seperti halnya terjadi krisis iklim, perusahaan besar dan kebijakan pemerintah sebagai pendorong terjadinya masalah berkurangnya jumlah luasan hutan Amazon.

Walker juga menegaskan bahwa proyek Insfastruktur pemerintahan Brasil tentang kebijakan lingkungan juga dibongkar dan menemukan 25% dari hutan hujan Amazon akan menglami kehilangan dalam waktu yang dekat.

Kehancuran ini juga didorong atas adanya ancaman global. Komunitas satwa yang lemah dan pecinta hutan mengakibatkan tempat berkembang biaknya pathogen yang mematikan.

Misteri Hutan Amazon menjadi salah satu cerita terbesar yang ada di Amerika Serikat. Hutan Amazon juga dikenal sebagai hutan yang cukup berbahaya karena didalamnya masih terdapat banyak satwa0satwa liar dan buas.

Berikut adalah misteri hutan amazon:

1. Sarang Laba-laba

Hutan Amazon dihuni oleh laba-laba raksasa dengan ukuran kaki 1.8 meter. Belum dikonfirmasi keberadaanya, seekor tarantula pernah ditemukan di sana.

Laba-laba tersebut tidak hanya memangsa serangga, melainkan hewan besar lainnya termasuk mamalia buas.

2. Ular Raksasa

Hutan Amazon dikenal memiliki ular raksasa  seperti Anaconda didalamnya. Menurut pengakuan suku lama Amazon, terdapat ular yang panjang tubuhnya mencapai 48.8 meter dengan lebar kepala 1.8 meter.

3. Suku Amazon yang Misterius

Survival Internasional pernah menemukan organisasi dengan suku-susku terpencil dan mencatat bahwa ada satu juta orang yang pernah menghuni hutan Amazon pada tahun 2018. Mereka terbagi menajdi 400 suku di hutan tropis.

Nah itu tadi tentang hutan amazon yang diprediksi akan hilang kurang lebih 40 tahun lagi. Hal ini tentu bukan omong kosong belaka, mengingat setiap tahunnya terjadi kebakaran di hutan Amazon ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan