Mengenal Hutan Pegunungan Tropik


Hutan merupakan tempat alami bermacam jenis makluk hidup, seperti tumbuhan yang lebat, semak, rumput, jamur, tumbuhan jenis paku-pakuan, pohon-pohon serta tumbuhan lainnya di suatu wilayah yang sangat luas.

Umumnya, hutan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti Hutan Dataran Rendah, Hutan Pantai, dan Hutan Pegunungan. Jenis-jenis hutan tersebut terbagi berdasarkan letak ketinggian di atas  permukaan laut.

Pengertian Hutan Pegunungan

Hutan merupakan suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam kesatuan alam beserta lingkungannya dimana yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Hutan pegunungan merupakan, salah satu formasi hutan hujan tropis yang terbentuk pada wilayah pegunungan maupun dataran tinggi. Hutan ini biasanya memiliki ciri seperti diselimuti kabut atau awan pada bagian atas hutan.

Beberapa ciri dari hutan pegunungan adalah, batang pohon yang tertutup oleh lumut yang tumbuh dengan tebal, maka tidak jarang hutan tersebut di sebut dengan hutan lumut.

Ciri-Ciri Hutan Daerah Dataran Tinggi

Beberapa ciri yang dapat diamati dari hutan pegunungan adalah:

• Hutan pegunungan biasanya terdapat genangan air pada bagian dasarnya

• Mempunyai ukuran pohon yang tinggi dan berdaun Lebat

• Memiliki tingkat kelembapan udara yang tinggi

• Mempunyai vegetasi tanaman berlapis

• Dasar hutan pegunungan mampu dijangkau oleh Sinar Matahari

• Mempunyai daya Regenerasi Tinggi

Fungsi Hutan Pegunungan

Berikut dijelaskan beberapa fungsi hutan pegunungan 

• Penghasil Oksigen

Tanaman yang berfotosintetis pada daerah hutan pegunungan, akan menjadi sumber oksigen bagi manusia. Oksigen tersebut tentu dibutuhkan manusia untuk bernafas. Selain itu pada proses fotosintesis tanaman pada hutan, akan melakukan penyerapan karbondioksida.

Gas karbondioksida ternyata membawa dampak positif bagi pemanasan global. Oleh karena itu ketersediaan hutan pegunungan harus diperhatikan, agar menjauhkan kita dari perubahan iklim yang ekstrem.

• Menyerap Air Hujan

Ternyata air hujan dapat diserap tanah, karena air hujan ketika turun tidak mengalir langsung ke bagian bawah tanaman, akan tetapi tertahan akar-akar tanaman di hutan.

Dengan demikian hutan pegunungan dapat menjadi sumber penting dari penyerapan air hujan. Selain itu pegunungan yang memiliki hutan yang lebat, dapat menjadi sumber mata air yang baik bagi sungai-sungai, yang dimanfaatkan warga di daerah pegunungan maupun dataran rendah.

• Mencegah Longsor dan Banjir

Banjir dan longsor dapat terjadi karena curah hujan yang tinggi, dan sistem penyerapan air tanah yang buruk. Akar dari pohon pohon sangat berpengaruh besar terhadap bencana alam ini.

Tanpa adanya hutan, air hujan akan mengalir dan tergenang sehingga menyebabkan terkikisnya tanah, hal ini lah yang menyebabkan banjir dan longsor.

• Habitat Flora dan Fauna

Pada suatu hutan, pegunungan akan terdapat beraneka macam flora dan fauna. Keanekaragaman ini perlahan mulai punah dikarenakan penebangan liar dan kurangnya kesadaran untuk menjaga hutan pegunungan.

Hal itu menyebabkan hilangnya tempat tinggal bagi beberapa satwa di dalamnya. Selain itu tumbuhan yang terdapat pada hutan juga tidak sedikit yang dapat memberi manfaat bagi manusia, salah satunya sebagai obat obatan

Nah, itulah pembahasan secara lengkap mengenai hutan pegunungan tropik yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan