Manfaat Hutan Bakau dan Cara Melestarikannya


Kamu tentu sering mendengar tentang hutan bakau. Hutan bakau merupakan ekosistem penting yang berada di pesisir pantai. Hutan ini memiliki manfaat yang luas, terutama untuk menunjang kehidupan pesisir pantai.

Hutan ini juga kerap disebut sebagai hutan mangrove. Kata mangrove berasal dari bahasa Portugis, yakni mangue dan bahasa Inggris yaitu grove. Nama mangrove mendeskripsikan komunitas pepohonan yang hidup di pesisir.

Hutan bakau atau hutan mangrove bisa dikatakan sebagai vegetasi pantai tropis dan sub tropis yang didominasi oleh beberapa spesies mangrove yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut, lumpur dan berpasir. Namun ternyata tidak semua pantai ditumbuhi mangrove.

Hal itu dikarenakan ada beberapa persyaratan khusus yang perlu dimiliki suatu kawasan untuk mendukung pertumbuhan tenaman bakau. Alasan tersebut antara lain, pantai dalam kondisi terlindungi dan relatif tenang serta mendapat sedimen dari muara sungai.

Hutan bakau ini juga ternyata memiliki peran penting dalam suatu ekosistem. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Hutan Bakau

Berikut ini dijelaskan beberapa manfaat hutan bakau, antara lain :

Habitat hewan kecil

Tanaman bakau bisa menjadi habitat bagi beragam hewan kecil di air. Dengan adanya tumbuhan bakau, ikan kecil, udang serta moluska dapat hidup dengan baik. Selain itu, akar tanaman bakau yang ada dalam air bisa menjadi tempat bagi hewan-hewan kecil mencari makan.

Mencegah abrasi

Manfaat selanjutnya yakni mencegah terjadinya abrasi. Jika abrasi dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan, akan berdampak pada penyusutan area pantai , hilangnya rumah dan tempat berkumpul ikan, serta merusak hutan bakau.

Tak hanya itu, tanpa adanya hutan bakau juga akan mempengaruhi mata pencaharian para penduduk pesisir pantai.

Mencegah erosi

Erosi dapat dicegah dengan keberadaan hutan bakau. Hal itu dikarenakan rimbun pepohonan bakau mampu menahan terpaan angin laut.

Mencegah intrusi air laut

Intrusi air laut adalah kondisi dimana air laut masuk ke pori-pori batuan hingga mencemari air tanah. Hal tersebut tentu akan berdampak fatal terhadap ketersediann air  bersih di pemukiman pesisir pantai. Kondisi tersebut akan terus berlanjut apabila tidak ditangai dengan serius.

Cara Melestarikan Hutan Bakau

Berikut adalah beberapa cara agar hutan bakau tetap terjaga kelestariannya, antara lain :

Restorasi hutan bakau

Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature, sekitar 0,21 persen hutan bakau atau mangrove  rusak setiap tahunnya dari sejak 1996 hingga 2016. Hal itu meyebabkan lebih dari seperempat hutan bakau di dunia hilang. Sehingga pemulihan kembali hutan bakau adalah yang perlu diperhatikan.

Layaknya reboisasi hutan yang rusak dan gundul, restorasi hutan bakau juga dilakukan dengan cara penanaman bibit bakau di daratan berlumpur di sepanjang pesisir pantai.

Menjaga zona hutan bakau sesuai fungsinya

Dikutip dari Conservation International, Indonesia merupakan rumah bagi 22 persen hutan bakau di dunia, tetapi dalam 30 tahun terakhir, sekitar 40 persen hutan bakau di Indonesia telah musnah karena alih fungsi lahan.

Dengan demikian, zona hutan bakau harus dijaga fungsinya serta dilindungi dari alih fungsi lahan serta dilestarikan demi menjaga ekosistem bumi tetap terjaga.

Pemanfaatan sumber daya secukupnya

Keberadaan hutan bakau akan menghasilkan ikan, kepiting, kerang, udang, dan juga kayu. Namun sebaiknya pemanfaatan sumber daya tersebut tidak dilakukan secara berlebihan. Eksploitasi besar-besaran hanya akan merusak keseimbangan ekosistem hutan bakau yang pada akhirnya akan merugikan manusia.

Meningkatkan kesadaran masyarakat

Masyarakat memegang peranan penting dalam pelestarian hutan bakau. Peningkatan kesadaran mastarakat sangat diperlukan agar dapat menghargai nilai dari keberadaan hutan bakau. Dengan memahami fungsi dari hutan ini serta dampak  buruk dari kerusakannya, masyarakat akan lebih menghargai serta menjaga kelestarian hutan bakau sebagai ekosistem yang penting.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang manfaat hutan bakau serta cara untuk melestarikannya. Setelah mengetahui akan fungsi hutan bakau serta dampak negatif dari kerusakannya, sudah seharusnya kita juga turut berperan dalam menjaga kelestarian hutan bakau tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan