Mengenal Hutan Gugur


Bumi merupakan salah stau planet yang sangat sempurna karena menyimpan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, baik itu manusia, binatang, tumbuhan, hingga mikroorganisme sekalipun.

Bumi menyimpan segala kekayaan alam dengan baik agar dapat diolah oleh manusia demi memenuhi kebutuhan hidupnya.  Terdapat berbagai jenis sumber daya alam yang ada baik yang nampak maupun yang tidak nampak.

Segala bentuk kenampakan yang ada di Bumi adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, seperti laut, danau, sungai, sawah, hutan, gunung, dan banyak lagi.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang hutan gugur. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Hutan Gugur

Hutan gugur merupakan hutan yang berisi pepohonan yang menggugurkan daunnya dimusim tertentu. Ketika daun-daun berguguran, kita akan menyaksikan keindahan alam yang sangat alami. Daun yang berguguran berwarna coklat kemerahan yang akan menambah keindahan dari hutan ini.

Kita akan menyaksikan sensasi musim gugur yang menyenangkan. Maka tak heran jika banyak orang menantikan momen datangnya musim gugur ini hanya sekedar untuk mendoumentasikannya. 

Hutan gugur merupakan salahs atu bioma yang berupa hutan yang berada di wilayah beriklim tropis dn subtropis.  Hutan gugur mempunyai ikim yang yang hangat sepanjang tahunnya. Terdapat ciri khas yang dimiliki oleh hutan ini, yakni memiliki musim kemarau yang panjang selama berbulan-bulan.

Walaupun sebenarnya wilayah hutan gugur memiliki curah hujan sebanyak beberapa milimeter, namun musim kering yang panjang akan tetap mengalahkan keberadaan curah hujan tersebut. Musim kemarau yang panjang inilah yang menyebabkan pepohonan yang ada di lokasi ini menggugurkan daunnya. 

Hal tersebut karena pepohonan akan mengalami krisis air sehingga taidak dapat berfotosintesis dengan baik. Gugurnya daun-daun pada kawasan hutan ini secara tak langsung akan mempengaruhi kehidupan makhluk yang ada di dalamnya.

Ciri-Ciri Hutan Gugur

Berikut ini adalah ciri-ciri yang dimiliki oleh hutan gugur, antara lain :

• Memiliki suhu yang sangat rendah saat musim dingin tiba hingga mencapai -30ᵒ C

• Memiliki suhu yang sangat panas ketika musim panas tiba hingga mencapai 30ᵒ C, sehingga bisa dikatakan bahwa suhu di hutan gugur ini sangat ekstrim.

• Sebagian besar kawasan hutan musim mempunyai empat musim, yaitu musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin. Namun ada beberapa wilayah yang tidak memiliki empat musim namun memilki hutan gugur ini

• Memiliki curah hujan sekitar 750 mm hingga 1.000 mm pertahun

• Tumbuhan yang ada di dalamnya akan menggugurkan daun-daunnya ketika musim dingin tiba. Namun bagi hutan yang berada di wilayah iklim tropis, pepohonan akan menggugurkan daunnya ketika musim panas tiba

• Keanearagaman berbagai jenis tumbuhan yang ada di dalam hutan tidak terlelau banyak

• Umumnya di kawasan ini hanya terdapat sedikit jenis pohon dan juga tidak terlalu rapat. Hal ini karena unsur cahaya matahari yang sangat dibutuhkan oleh pepohonan hanya terjadi pada musim panas atau musim semi saja

• Pohon- pohon yang hidup di hutan ini rata- rata tinggi namun memiliki daun yang bentuknya tidak terlalu lebar

• Hutan gugur memiliki dua lapisan tanah, yaitu afisol dan juga utisol

• Memiliki kondisi tanah yang subur karena pohon- pohon yang menggugurkan daunnya di tanah. Daun- daun tersebut akan membusuk dan akan memberikan nutrisi pada tanah tersebut

Flora dan Fauna Hutan Gugur

Seperti yang kita tahu, salahs atu manfaat dari hutan adalah menjadi rumah atau tempat tinggal bagi flora dan fauna. Sama halnya dengan hutan gugur, kawasan ini juga dihuni oleh jenis flora dan fauna khas hutan gugur.

• Flora

Jenis flora yang terdapat di kawasan hutan gugur pada umumnya setipe, meskipun berbeda jenis. Flora atau tanaman yang mendominasi di hutan gugur pada umumnya adalah tanaman tropofit, yakni tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan musim. Pepohonan yang hidup di kawasan hutan ini mempunyai getah yang dapat digunakan untuk menjaga akar pohon membeku selama musim dingin.

Jenis flora yang ada dalam kawasan hutan gugur ini antara lain adalah pohon bunga sakura, pohon basswood, pohon oak, pohon jati, pohon maple, pohon cemara, pohon pinus, pohon palem, pohon angsana, pohon pakis, pohon jati, pohon pakis, pohon palem, eucalyptus, dan bambu.

• Fauna

Selain tumbuhan, hutan gugur juga dihuni oelh jenis fauna yang khas. Hewan atau fauna yang hidup di hutan ini melakukan adaptasi berupa migrasi (yang dilakukan oleh jenis burung) dan juga hibernasi (yang dilakukan oleh mamalia). Beberapa jenis fauna yang ada di wilayah hutan gugur antara lain adalah raccoon, babi hutan, harimau, rusa, panda, beruang, anjing hutan, tupai, musang, sigung, singa gunung, tikus kayu, dan bison.

Di hutan gugur juga terdapat beberapa jenis serangga, namun jenis serangga ini pada umumnya tidak akan bertahan di musim dingin. Hal tersebut menyebabkan serangga akan bertelur sebelum akhirnya mati. Dan telur-telur yang mereka hasilakn dapat bertahan di musim dingin dan akan menetas ketika musim dingin  telah berlalu.

Nah, itulah gambaran megenai hutan gugur serta flora dan fauna yang ada di dalamnya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan