5 Taman Nasional di Indonesia yang Diakui UNESCO


Tercatat, ada lebih dari 50 taman nasional di Indonesia denga luas total mencapai 16 juta hektar. Di kawasan ini, anda bisa menjumpai berbagai flora dan fauna dan keindahan alam yang cantik dan eksotis.

Dari keseluruhan taman nasional yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia tersebut, beberapa diantaranya ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Taman Nasional Komodo

Kawasan ini ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia oleh UNESCO tahun 1991 yang lalu. Taman nasional ini memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rincadengan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Ketiga pulau utama tersebut merupakan habitat komodo, yakni kadal pemakan daging terbesar di dunia yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Selain melihat komodo, taman nasional ini juga menyuguhkan pemandangan yang begitu menakjubkan. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

2.Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan satu kawasan yang dijadikan destiansi pendakian gunung. Kawasan pelestarian alam tropis ini memang memiliki berbagai keberagaman hayati dan menjadi surga bagi para petualang.

Kawasan seluas 838.872 Ha ini memiliki begitu banyak destinasi petualangan dan penelitian, diantaranya Tangkahan, Kedah, Bukit Lawang, Lawe Gurah, Rantau Sialang, Batu Katak, dan Danau Laot Bangko.

Tepatnya pada tahun 1981, TNGL ditetapkan sebagai Caar Biosfer kawasan ekosistem darat atau pesisir yang diakui oleh Program Man and the Biosphere UNESCO (MAB-UNESCO) untuk mempromosikan keseimbangan hubungan manusia dengan alam.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Kawasan ini menjadi taman nasional terbesar di Sumatera karena mencakup empat provinsi yakni Bengkulu, Jambi, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan. Di taman nasional ini, kamu bisa menemukan lanskap dari bukit barisan yang sangat kokoh dan megah. Contohnya seperti Gunung Kerinci yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat juga memiliki beragam wisata alam dengan pemandangan yang menakjubkan seperti Danau Gunung Tujuh, yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Jika beruntung, kamu juga bisa menemukan bunga Rafflesia Arnoldi disana.

4. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan sebuah taman nasional dibuat secara khusus sebagai kawasan konservasi dan perlindungan bagi gajah, badak, dan harimau Sumatera. Hal ini karena jumlah populasi dari binatang tersebut terus berkurang bahkan terancam punah.

Kawasan ini masuk dalam Global 200 Ecoregions yang dibuat oleh WWF untuk habitat darat, air tawar dan laut di bumi yang paling mencolok dari sudut pandang biologi.

5. Taman Nasional Lorentz

Situs warisan dunia berikutnya yaitu Taman Nasional Lorentz yang berada di ujung timur Indonesia. Kawasan ini sekaligus menjadi pintu gerbang pendakian menuju puncak tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Cartenz.

Puncak Cartenz adalah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia yang menjadi satu-satunya tempat di Indonesia dimana kita bisa menyaksikan gletser dan salju abadi.

Di Taman Nasional Lorentz, kamu dapat menikmati beragam ekosistem yang menawan, mulaid ari danau hingga laut yang indah. Kawasan seluas 2,4 juta hektar ini menjadi rumah bagi flora dan fauna yang unik.

Nah, itulah tadi lima kawasan taman nasional di Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan