4 Jenis Hutan di Indonesia Berdasarkan Ciri – Cirinya


Jenis hutan di Indonesia, bisa dibilang cukup beragam. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang paling besar di dunia. Terdiri dari sekitar 16.000 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki total luas hutan mencapai 133.300.543,98 hektare.

Hal tersebut seperti yang tercatat dari data Direktorat Jendral Planologi Kehutanan, Kementerian Kehutanan (Kemenhut) pada November 2010. Setiap hutan yang berada di beberapa wilayah juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.

Jenis hutan di Indonesia bisa dibagi berdasarkan iklim. Berbagai jenis hutan seperti, hutan hujan tropis, hutan bakau, hutan sabana, hutan musin, hingga hutan rawa tersebar di seluruh wilayah.

berikut jenis hutan yang ada di Indonesia, berdasarkan ciri-cirinya:

1. Hutan Tropis

  Hutan hutan tropis dapat ditemukan di wilayah Sumatera, Maluku, Papua dan Sulawesi, atau lebih        tepatnya banyak terdapat di sebelah timur garis khayal Wallace. Jenis jenis hutan di Indonesia ini          memiliki ciri khas yang menyerupai hutan hujan ekuatorial.  Hanya bedanya, pepohonan yang ada        dihutan hujan tropis cenderung lebih rendah.  

Ciri - Ciri Hutan Hujan Tropis, diantaranya:

  • Curah hujan tinggi
  • Tanahnya subur
  • Tanaman yang hidup pada hutan hujan tropis biasanya tergolong jenis tanaman dengan batang yang besar, tinggi, daunnya lebat, dan tumbuhnya rapat satu sama lain.
  • Binatang yang hidup di hujan tropis, sangatlah bervariasi karena terbagi menjadi tiga wilayah dimana setiap hutan dihuni dengan binatang yang berbeda. 

2.  Hutan Sabana

 Hutan sabana merupakan wilayah padang rumput yang dikelilingi pepohonan serta banyak terdapat   semak belukar. Umumnya, hutan jenis ini banyak dijumpai di Nusa Tenggara.

 Adapun ciri-ciri dari hutan sabana, diantaranya:

  •  Curah hujan sangat jarang
  • Hutan ini terdiri dari tumbuhan ilalang dan juga semak-semak yang banyak, pohon besar terbilang cukup sedikit
  • Suhu daratan cukup tinggi sehingga menyebabkan kelembaban hutan ini menjadi sangat rendah.
  • Cadangan air bisa dibilang sangat rendah.

3. Hutan Rawa Gambut

Hutan rawa meliputi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuha.  Jenis hutan ini banyak terdapat di pantai timur Sumatra, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Hutan rawa gambut memiliki ciri khas berupa keberadaan flora yang terbatas.

Di dalam hutan rawa gambut, pephonannya tinggi -tinggi, kurus serta tidak lebat.  Ciri khas pepohonan ini dikarenakan habitat tanannya yang berupa timbunan gambut dengan pH 4 yang sangat asam, serta kandungan hara di tanah tersebut juga rendah.

Ciri-ciri dari hutan rawa gambut di Indonesia adalah:

  •   Tanahnya selalu digenangi oleh air yang membentuk rawa
  •   Hutan rawa gambut juga memiliki lapisan tanah berupa tanah gambut.
  • Tanaman yang dapat hidup di hutan rawa gambut rata-rata berukuran kecil dan akarnya sekuat tanaman yang berada di tanah yang padat.

4.    Hutan Musim

Mengapa disebut dengan hutan musim? Sebab, hutan ini memiliki perbedaan kondisi pada musim hujan dan musim kemarau yang cukup mencolok. Tumbuhan yang ada di hutan musim pada musim kemarau biasanya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh lebat kembali.Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim yaitu Jawa Timur, Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan. Adapun ciri-cirinya adalah:

  • Bisa ditemukan baik didataran tinggi dan juga dataran rendah
  • Tinggi tanaman yang mengisi hutan musim ini tidak terlalu tinggi. Berbeda jauh dengan hutan hujan tropis
  • Jarak antara tanaman satu dengan yang lain di hutan musim cenderung tidak rapat bahkan bisa dikatakan tersusun rapi dengan jarak tertentu
  • Jenis binatang yang tinggal di hutan musim tidak sebanyak dan sebuas hewan yang tinggal di hutan hujan tropis. Rata-rata yang hewan yang dapat ditemui adalah jenis serangga, ular, burung, dan beberapa mamalia jenis pengerat

 

  

Posting Komentar

0 Komentar