Mengenal Lebih Dalam Hutan Wisata di Indonesia

 

Hutan Wisata adalah hutan yang di lestarikan dan dipelihara  untuk kepentingan pariwisata atau wisata baru. Hutan Wisata terdiri dari Taman Wisata, Taman Baru dan Taman Laut.

1.Taman Wisata

Taman Wisata adalah hutan wisata yang memiliki keindahan alam baik keindahan nabati, keindahan hewani, maupun keindahan alamnya sendiri yang mempunyai corak khas yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi dan kebudayaan.

2. Taman Baru

Taman Baru adalah hutan wisata yang didalamnya terdapat satwa baru yang  memungkinkan diselenggarakannya perburuan secara teratur bagi kepentingan rekreasi.

3. Taman Laut

Taman Laut adalah laut kawasan lepas pantai atau laut yang masih di dalam batas wilayah laut Indonesia yang di dalamnya terdapat batu-batuan kosong atau biota. Di kawasan ini terdapat ekosistem dan keindahan khusus yang keadaan alamnya secara fisik tidak mengalami perubahan yang diakibatkan karena perbuatan manusia. Contoh taman laut adalah taman laut bunaken (Sumatra Utara).

Nah, di Indonesia yang terletak di garis khatuliastiwa ini memang memiliki banyak hutan. Hal ini bisaAnda lihat dari peta Indonesia sendiri yang berwarna hijau. Fungsi utama dari hutan itu sendiri adalah sebagai paru-paru yang menyaring udara yang ada di sekitar. Tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru saja bagi wilayah disekitarnya. Hutan juga memiliki fungsi sebagai tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih jelasnya berikut akan di bahas hutan wisata yang ada di Indonesia. 

v  Taman Hutan Juanda

Taman Hutan Juanda berlokasi di kawasan Dago Pakar Hutan yang awalnya merupakan hutan lindung ini dipersiapkan sebagai hutan wisata atau kebun raya sejak tahun 1963.Setelahnya hutan ini pun di resmikan sebagai hutan rekreasi oleh Ir. H. Djuanda yang namanya diabadikan hingga sekarang. Salah satu hutan wisata di Indonesia ini memiliki kurang lebih 2500 pohon yang diantaranya adalah hutan Kayu Jati, Cemara Sumatera, Jati Jawa, Mahoni Uganda, Pinus hingga Kaliandra. Disini kita juga bisa melihat berbagai jenis satwa seperti Elang, Perkutut, Musang, Tupai Hingga Bajing.

v  Taman Hutan Cagar Alam Tangkoko di Sulawesi Utara

Taman ini memiliki tempat wisata paling banyak dicari dan dikunjungi, yaitu Taman Batu Putih. Di sini, wisatawan dapat melihat langsung tarsius bermata lebar dan menawan.Tarsius merupakan jenis primata yang berukuran kecil atau tidak lebih besar dari ukuran tangan pria dewasa. Kera hitam jambul, burung maleo, kuskus, burung enggang, dan elang laut perut putih juga dapat ditemukan di sini Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Fungsi dari hutan bakau atau hutan mangrove ini sebenarnya adalah untuk mencegah abrasi.  Selain dikelola  untuk fungsi utamanya Hutan Wisata di Indonesia ini juga dijadikan tempat wisata bagi warga Jakarta. Di sini Anda bisa menyusuri rawa-rawa yang ada dengan menggunakan perahu sampan.

v  Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan

Taman Nasional yang berada di Kalimantan ini menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat ada di Kalimantan. Terletak di provinsi Kalimantan Tengah, kawasan ini kemudian menjadi Taman Nasional pada 1982. Orangutan adalah magnet bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Wisatawan banyak yang datang hanya untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan orangutan. Pengunjung juga dapat melihat aneka satwa lain, seperti monyet, musang, banteng liar, dan banyak jenis hewan liar lainnya.

v  Hutan Pinus Mangunan ( Yogyakarta)

Wisata yang satu ini memang sudah terkenal sekali di Yogyakarta.  Karena Hutan Pinus Mangunan yang memiliki luas sekitar 500 Hektar ini memiliki banyak sekali pepohonan pinus yang memiliki ukuran sangat tinggi, hutan pinus yang ada disini juga menjadi salah satu spot instagrammable bagi anak muda Jogja. Apa yang bisa kalian lakukan disini? dikawasan Hutan Pinus Mangunan kalian bisa duduk santai di kursi-kursi panjang yang terbuat dari kayu, dan menghirup udara segar sembari menikmati pemandangan alam yang indah di Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus Mangunan ini memang kebersihannya sangat terjaga, karena Hutan Pinus Mangunan ini dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH).

Itulah beberapa informasi mengenai hutan wisata di Indonesia yang bisa anda kunjungi, pasti tertarik dong melihat keindahan dan hal - hal yang bisa kita nikmati di waktu berlibur.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan