5 Negara dengan Hutan Hujan Tropis Terluas di Dunia

 


Hutan hujan tropis adalah bioma terbesar di bumi dan ditemukan di dataran tinggi tropis lembab dan dataran rendah di sekitar garis khatulistiwa. Brasil adalah negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia.

Hutan hujan didominasi oleh pohon-pohon berdaun lebar yang membentuk kanopi dedaunan yang lebat dan merupakan rumah bagi berbagai tanaman dan kehidupan untuk beragam vegetasi.

Terdapat lebih dari 3.000 spesies tanaman hidup di hutan hujan tropis. Beberapa jenis tumbuhan dapat dengan mudah ditemukan seperti flora epifit (menempel dengan tumbuhan lain), jamur, anggrek, lumut, dan rotan. Sedangkan Fauna yang ditemukan beragam mulai dari burung, kupu-kupu, hingga mamalia.

Hutan Hujan Tropis Terluas di Dunia

Hutan hujan tropis mewakili jenis vegetasi utama tertua yang ada di Bumi. Namun, hutan hujan terus tumbuh dan berubah, dan hutan hujan modern yang ada pada saat ini pastinya berbeda dari masa lalu. Berikut adalah 5 negara dengan hutan hujan terluas di dunia.

1. Brazil


Berdasarkan negara, Brazil dikenal sebagai negara yg mempunyai hutan hujan tropis terluas di dunia. Hutan Amazon yang merupakan hutan hujan tropis di dunia, berada di Negara Brazil. Hutan ini memiliki area seluas 2,3 juta mil² atau sekitar 6,7 juta km². Hutan Amazon menjadi tempat tinggal bagi 10 % spesies terkenal yang ada di dunia seperti anaconda, arapaima, ikan piranha, dan sebagainya..

2. Republik Demokratik Kongo


Negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas ke 2 adalah Republik Demokratik Kongo. Negara ini terletak pada Afrika tengah. Hutan hujan cekungan Kongo yang merupakan adalah tempat dari hutan hujan tropis terbesar ke 2 di dunia. Sungai ini mengalir di area seluas 1,4 juta mil² atau sekitar 3,7 juta km². Sebagian besar cekungan ini ditutupi oleh hutan hujan tropis dan rawa-rawa.

3. Indonesia


Indonesia merupakan negara dengan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia dan tentunya pada semua wilayah Asia. Hutan hujan Indonesia tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua, tepatnya pada pulau-pulau besar di Indonesia. Keanekaragaman tanaman dan hewan di hutan hujan Indonesia tergolong lebih tinggi dibandingkan Amerika Selatan dan Afrika.

4. Peru


Hutan hujan tropis terluas di dunia selanjutnya adalah Manu Peru. Peru adalah negara yg terletak pada bagian barat Amerika Selatan. Kawasan hutan hujan Peru ini menyimpan biota yg beragam, mulai dari spesies unggas hingga spesies mamalia.

5. Kolombia


Negara yg mempunyai hutan hujan tropis terluas di dunia selanjutnya merupakan Kolombia. Taman SerranĂ­a de Chiribiquete menjadi pusat dari keanekaragaman hayati. Ribuan spesies seperti tapir, trenggiling raksasa, jaguar, sampai burung Chiribiquete zamrud mendiami wilayah ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan