Wajib Tahu! Upaya Melestarikan Hutan

 

Hutan adalah wilayah daratan yang didominasi pepohonan. Hutan digunakan sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup dan sumber daya alam yang sangat berguna.Yang paling utama hutan merupakan paru-paru dunia yang dapat menyediakan oksigen bagi kita.

Oleh sebab itu kita harus ikut menjaga dan melestarikan hutan, seperti:

1.   Reboisasi

Reboisasi merupakan kegiatan proses penanaman hutan yang gundul atau tandus. Gunanya adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dan hutan yang rusak akan kembali tumbuh.

2.   Melindungi Habitat Makhluk Hidup di Hutan

Hutan merupakan tempat tinggal Flora dan Fauna. Diantara mengalami kepunahan karena di buru manusia dan kebakaran hutan. selain itu, kita juga harus menyadarkan masyarakat agar peduli untuk melindungi ekosistem alam.

3.   Menerapkan Sistem Tebang Pilih

Tebang pilih adalah kegiatan menebang pohon yang cukup tua dengan diameter dan tinggi yang cukup. Tebang pilih juga hanya menebang pohon yang hampir mati, akan roboh, maupun telah mati. Ini membuat pohon yang masih berusia muda masih bisa berkembang.

Akan tetapi, banyak manusia yang sembarangan dan masih kurang kesadaran dalam menebang pohon demi faktor ekonomi saja dan tidak memikirkan dampak yan akan terjadi karena tidak menerapkan sistem tebang pilih.

4.   Sistem Tebang Tanam

 Cara lain untuk melestarikan hutan ialah melakukan tebang tanam. Setelah menebang, seharusnya diikuti dengan usaha menanam pohon kembali, agar hutan tidak gundul dan kelestariannya tetap terjaga.

5. Jangan Membuang Sampah Sembarang di Hutan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan masih saja dilakukan oleh banyak orang yang tinggal di sekitar hutan. Padahal sudah di buat larangan dan himbauan dari pemerintah setempat.

Sering juga di temukan sampah puntung rokok di hutan, dari orang-orang yang berkunjung ke hutan menikmati sejuknya hutan. Hal ini dapat menimbulkan bencana yang tidak di inginkan, seperti kebakaran hutan yang sering sekali di alami oleh negara Indonesia.

6.   Mengurangi Penggunaan Kertas Berlebih

Kertas yang di buat di pabrik-pabrik perlu di perhatikan jumlahnya agar dapat memperlambat proses penebangan pohon di hutan.untuk itu sebaiknya kita menggunakan kertas seperlunya saja, dengan menekan produksi penggunaan kertas yang berasal dari pohon dan hutan, maka akan tetap terjaga kelestarian hutan.

7.   Memberi Sanksi Bagi Pelaku Penebangan Liar

Hutan juga dapat dijaga kelestariannya dengan memberi sanksi kepada pihak-pihak yang melakukan penebangan liar. Sanksi tersebut harus tegas dan mampu memberi efek jera bagi pihak tersebut.

Contohnya, pemberian sanksi denda dan hukuman penjara bagi para penebang liar. Jika tidak diberi sanksi, pelaku tidak akan jera dan terus menebang hutan. Akibatnya hutan tidak terjaga kelestariannya dan tidak bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perekonomian.

Demikian informasi mengenai upaya melestarikan hutan yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan