Deretan Negara Dengan Hutan Mangrove Terbesar Di Dunia

Hutan mangrove adalah salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi. Biasanya, hutan ini di dominasi tumbuhan berkayu dan berkembang di kawasan pesisir yang terlindung seperti daerah tropika dan subtropika.

Nah, di bawah ini akan di bahas beberapa negara dengan hutan mangrove terbesar di dunia.

1. The Sundarbans, Bangladesh

The Sundarbans terletak di delta Sungai Gangga, Brahmaputra, dan Meghna di Teluk Benggala. Luas hutan mangrove ini mencapai 140.000 Ha dan memiliki 260 spesies burung dan menjadi satu warisan dunia. Kawasan hutan mangrove di Sundarban tergolong alami karena dilindungi oleh pemerintah setempat.

 Ketika hari libur, kawasan mangrove ini menjadi objek wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal. Di sepanjang sungai Sundarban, kita bisa menemukan banyak kapal wisata yang menawarkan tour keliling Sundarban. Sundarban merupakan wilayah yang padat karean di tutupi hutan bakau.Hal ini menjadikannya sebagai rumah bagi berbagai burung, spesies reptile, dan invertebrate termasuk buaya air garam.

2. Pichavaram- India

Hutan Mangrove Pichavaram terletak di antara dua muara yang menonjol, yaitu muara Vellar di utara dan muara Coleroon di selatan. Kawasan hutan menawarkan pemandangan laut dan pelayaran dan juga pemandangan lainnya yang sangat langka. Seperti misalnya, ada lebih dari 400 rute air yang tersedia untuk berperahu.

Planning Commission mengatakan Pichavaram memiliki luas 1.100 Ha dan menjadi rumah bagi lebih dari 200 jenis flora dan fauna yang berbeda.

Para ahli datang untuk mempelajari keanekaragaman yang luar biasa. Sekitar 200 spesies burung telah dicatat, bersama dengan banyak varietas rumput laut, ikan, udang, kepiting, tiram, kura-kura, dan berang-berang. Ada juga sekitar 20 jenis pohon yang berada di hutan bakau Pichavaram, India.

3. Florida Mangrove-USA

Pada awal Tahun 2022, luas hutan mangrove adalah 469.000 ha.Florida mangrove adalah habitat dari 80 jenis tumbuhan mangrove. Diperkirakan 600.000 ha hutan bakau di Florida berkontribusi pada kelestarian zona pantai.

di Florida di temukan spesies yaitu, bakau merah atau Rhizophora mangle. Biasanya tumbuh di sepanjang air. Mangrove merah muda dikenal dengan akarnya yang kemerahan dan kusut disebut "akar penyangga". dan mendapat julukan "pohon berjalan".

4. Gulf of Panama, Panama

Hutan Mangrove ini ini berada di garis pantai pasifik menghadap Teluk Panama mencakup 900 mil persegi, membentang dari teluk Parita hingga Teluk San Miguel sebuah ekoregion yang unik. Luas hutan ini adalah 89.278 ha, yang artinya 12 % wilayah Panama adalah hutan mangrove. Teluk Panama menjadi habitat bagi 1 juta burung pantai.

5. Tanjung Putting National Park, Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki persebaran hutan mangrove terluas di dunia. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia(KKP), luas hutan mangrove di Indonesia mencapai 3,49 juta hektar. Tanjung Putting National Park adalah hutan Mangrove dengan luas 415.040 hekatare dan menjadi habitatnya Orang Utan.

Taman Nasional Tanjung Puting dengan hutan rawa air tawar dan hutan bakaunya juga merupakan wilayah yang ditetapkan sebagai Ramsar Site, yaitu kawasan-kawasan yang ditetapkan untuk melindungi kelestarian dan fungsi lahan basah di dunia.

Demikian informasi mengenai kawasan hutan Mangrove terbesar di dunia yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan