Daftar Flora Terbanyak di Hutan Amazon

Hutan Amazon adalah hutan hujan yang terletak di Amazon, Amerika Selatan. Hutan Amazon juga kerap disebut sebagai wilayah Amazonia atau Amazon Basin.

Terdapat lebih dari 40.000 spesies tumbuhan yang berada di Hutan Amazon. Sebanyak 75 persen diantaranya endemik atau hanya ditemukan di Hutan Amazon.Berikut adalah beberapa tanaman yang tumbuh di Hutan Amazon.

 1.   Teratai raksasa

Salah satu tumbuhan yang paling terkenal dari pedalaman Amazon adalah teratai raksasa, atau yang disebut juga dengan Victoria Amazonica. Nama tersebut diambil dari nama Ratu Victoria dari Inggris.

Bunga indah ini bisa tumbuh hingga diameter 3 meter dan bisa menahan beban hingga 27 kilogram. Bunga ini berwarna putih ketika malam pertama mekar dan berubah menjadi merah muda di hari kedua. Sayangnya, bunga indah ini hanya mekar selama 48 jam saja.

 2.   Pohon kapuk Brasil

Kapok tree atau pohon kapuk Brasil (Ceiba pentandra) disebut sebagai raksasa hutan hujan Amazon. Pohon ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 4 meter. Kelebihan pohon kapuk yakni akan memunculkan bau tak sedap yang dipancarkan oleh bunga merah muda dan putih untuk menarik kelelawar.

Kapas sutra yang dihasilkan pohon kapuk disebut sebagai serat alami paling ringan di dunia digunakan untuk bahan baku bantal dan selimut. Benih, daun, kulit kayu, dan getah pohon kapuk juga dimanfaatkan untuk mengobati disentri, demam, hingga sakit ginjal oleh masyarakat asli Amazon selama ratusan tahun.

3. Pohon kacang Brazil

Pohon kacang Brazil memiliki nama latin Bertholletia excelsa. Pohon ini merupakan spesies yang dominan ditemukan di Hutan Amazon. Pohon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 50 meter. Karakteristik pohon ini adalah daunnya tumbuh bagai kanopi di puncak pohon tersebut.

4. Tanaman Obat

Terdapat tanaman obat yang hanya ditemukan di sini. Berikut beberapa contoh tanaman obat dari Hutan Amazon, yaitu:

• Baccharis altimontana: air rebusan daunnya digunakan untuk mengobati sakit perut, reumatik, dan sakit liver.

• Croton cajucara: air rebusan daunnya digunakan untuk mengobati sakit kepala, malaria, dan sakit liver.

• Euterpe oleracea: akarnya bisa mengatasi anemia.

5. Bunga heliconia

Bunga ini berbentuk unik, yaitu seperti capit lobster. Warna utamanya adalah merah dan kuning. Bentuk ini membuat banyak hewan bahkan manusia bingung mencari bunganya. Hanya burung kolibri yang mampu menemukan dimana bunganya untuk mengisap nektarnya.

6. Pohon karet

Pohon karet (Hevea brasiiliensis) bisa tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter dan bisa hidup hingga 100 tahun. Pohon ini dikenal dengan getah putih seperti susu yang disebut lateks dan mengalir bebas dari pohon saat sepotong kulit kayu dipotong.

Saat proses reproduksi, buah dari pohon karet akan meledak ketika masak dan menyebarkan banyak biji di sekitar pohon. Spesies ini sering ditemukan di hutan basah dataran rendah, lahan basah, dan zona riparian seperti yang ditemukan di wilayah Amerika Selatan seperti Brasil, Venezuela, Ekuador, Kolombia, Peru, dan Bolivia.

Demikian informasi mengenai daftar flora terbanyak di hutan amazon yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan