Keunikan Boreal Kanada, Hutan Memiliki Ekosistem Utuh

 

Kanada memiliki hutan taiga (hutan boreal) terbesar di dunia setelah mendapat tambahan kawasan lindung baru seluas 13.600 kilometer persegi di Probinsi Alberta. Kini total wilayah hutan taiga menjadi 67.735 kilometer persegi. Boreal adalah hutan berdaun jarum terbesar yang ada di Dunia.

Agar kamu dapat mengenal lebih dekat tentang hutan boreal yang terletak di Kanada ini, maka dibawah ini akan dibahas fakta unik tentan hutan boreal.

1.    Nama Boreal Berasal dari  Dewa Angin Utara Yunani, Boreas

Nama boreal sendiri berasal dari nama dewa angin utara Yunani, Boreal. Selain karena letaknya di utara sama seperti sang dewa, nama boreal ini juga mencirikan bioma terbanyak yang ada di hutan ini.

Bioma yang dikenal sebagai Taiga dalam bahasa Rusia ini disebut sebagai boreal di Kanada. Taiga paling sering dipakai untuk menunjukkan lokasi utara bioma yang cenderung lebih tandus. Sedangkan boreal untuk daerah selatan yang beriklim sedang. Meski namanya  berbeda, boreal dan taiga merupakan bioma yang sama, ya.

Zona hutan boreal terdiri dari hutan konifer mahkota tertutup dengan elemen gugur yang mencolok. Tanaman yang dominan adalah cemara putih dan hitam, jack pine (Pinus bankiana Lamb), tamarack, dan cemara balsam. Hutan boreal juga memainkan peran ikonik dalam sejarah Kanada, pembangunan ekonomi dan sosial serta seni.

2.    Hampir  Seluruh Masyarakat Kanada Tinggal di Hutan

Tinggal dan bekerja di hutan boreal adalah hal yang mengasyikkan. Bahkan, hampir seluruh atau bisa dikatakan 70 persen masyarakat asli Kanada lebih memilih untuk menetap di hutan boreal ini.

Mungkin kamu mengira hidup di hutan adalah sesuatu yang menakutkan, sepi, dan membosankan. Tapi tidak dengan penduduk Kanada yang merasa nyaman tinggal di hutan boreal.

Hutan boreal memegang perekonomian nasional yang sangat penting bagi penduduknya. Produk kayu dan non-kayu tersedia dengan berlimpah. Belum lagi sumber daya energi dan mineral, serta potensi pembangkit listrik tenaga air dari sungai-sungai regional menjadi tumpuan Kanada.

3.    Rumah bagi Spesies mamalia, ikan, serangga, dan burung

boreal menjadi rumah yang nyaman bagi  85 spesies mamalia, 130 spesies ikan, sekitar 32.000 spesies serangga, dan 300 spesies burung, menurut laman Canadian Wildlife Federation.

Uniknya, di musin semi hutan boreal terasa lebih ramai. Ini karena sebanyak 3 juta burung melakukan migrasi ke utara menuju hutan boreal untuk berkembang bia

4.    Deforestasi terendah di dunia

Mengapa hutan Berealis Kanada tetap menjadi salah satu hutan terluas di dunia? Karena Kepedulian dan kecintaan penduduk serta pemerintah Kanada terhadap hutan yang mereka tinggali. Kesadaran Masyarakat Kanada terhadap hutan boreal telah memberikan manfaat yabg besar dalam kehidupan mereka sehingga mereak berusaha untuk menjaga dan melindungi.

Manfaat yang didapat dari hutan borealis Kanada membuat masyarakat Kanada mau mengolah tanpa merusak alam sekita dan mahkluk hidup lain yang tinggal di dalamnya.

Nah, itulah uniknya hutan boreal masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kelestarian hutan sehingga memiliki ekosistem utuh. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan