Deretan Hutan Hujan Tertua di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Hutan merupakan tempat yang masih asri dan luas yang dihuni oleh banyaknya makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Hutan hujan menjadi salah satu ekosistem yang sangat penting bagi bumi.

penasaran apa saja hutan hujan tertua di dunia? berikut adalah daftar hutan hujan tertua di dunia, salah satunya ada di Indonesia!

1. Daintree Rainforest

Hutan Hujan Daintree adalah salah satu hutan tertua di dunia, di mana telah ada sejak zaman prasejarah. Memiliki luas sekitar 1.200 kilometer persegi, tidak hanya menjadikan Daintree hutan hujan tertua namun juga hutan terbesar di Australia.

Hutan hujan Daintree adalah rumah bagi 30 persen spesies reptil, katak, dan mamalia berkantung, 65 persen spesies kupu-kupu, kelelawar, 18 persen spesies burung, serta 12.000 spesies serangga. Hutan ini juga dihuni oleh flora termasuk flora Australia yang langka dan primitif.

2. Hutan Hujan Borneo

Indonesia juga memiliki hutan hujan tertua yang ada di Kalimantan, Indonesia dengan luas 425 km. Hutan hujan Borneo diperkirakan berusia sekitar 140 juta tahun dan menjadi salah satu paru-paru dunia. Hutan hujan Borneo memiliki vegetasi yang sangat lebat juga keanekaragaman hayati yang tinggi.

Hutan lebat ini dihuni oleh sekitar 3.000 spesies pohon, 1.700 spesies anggrek (beberapa tergolong langka dan terancam punah), dan 50 spesies tumbuhan karnivora.  Selain itu, Borneo adalah satu dari dua tempat di dunia yang ditinggali harimau, badak, gajah, dan orang utan bersama.

3. Hutan Hujan Taman Negara

Hutan hujan Taman Negara merupakan hutan hujan terbesar dan tertua di dunia yang terletak di negara bagian Malaysia yaitu di Pahang. Hutan hujan Taman Negara membentang seluas 4.343 km. 

Menjadi rumah bagi berbagai spesies flora dan fauna antara lain 200 spesies mamalia, 100 spesies ular, 150 ribu spesies serangga, dan 280 spesies pohon.

 4. Hutan Hujan Amazon

Hutan hujan tertua di dunia selanjutnya adalah hutan hujan Amazon. Hutan hujan Amazon membentang seluas 1,4 miliar hektare atau setengah luas hutan tropis di dunia, menjadikannya hutan terbesar di dunia.

Hutan hujan ini memiliki keanekaragaman yang paling tinggi dan diperkirakan dihuni oleh tiga juta spesies. Amazon menjadi salah satu tempat perlindungan terakhir di Bumi bagi Jaguar, elang harpy, lumba-lumba merah muda, ribuan burung, primata, dan juga kupu-kupu.

5. Hutan Campuran Hyrcanian

Hutan Campuran Hyrcanian terletak di Kaspia, yang diperkirakan berusia 25 hingga 50 juta tahun. Hutan campuran Hyrcanian membentang seluas 55 ribu kilometer persegi di pantai selatan Laut Kaspia. Hutan ini membentang luas 55 ribu km persegi di pantai selatan Laut Kaspia.

Hutan campuran hyrcanian rumah bagi 3.200 spesies tanaman, 180 spesies burung, 58 spesies mamalia, dan berbagai jenis lain seperti amcan tutul Kaspia yang terancam punah.

Nah, itulah informasi mengenai deretan hutan hujan  tertua di dunia, salah satunya di Indonesia yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan