4 Misteri yang Masih Tersimpan di Hutan Amazon Hingga Kini

 


Hutan Amazon adalah salah satu hutan terbesar yang letaknya berada di Amerika Selatan. Lokasi Hutan Amazon terdiri dari sembilan negara yaitu Brasil (60% hutan), Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Amazon juga dikenal sebagai hutan berbahaya dengan banyak hewan liar yang sangat beracun dan berbahaya. Misalnya, anaconda di hutan ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar daripada anaconda lainnya yang berada di tempat lain..

Amazon juga disebut sebagai paru-paru dunia karena hutan hujan terbesar di dunia ini dapat menghasilkan hingga 30% dari seluruh oksigen di dunia.

Hutan seluas 5,5 juta kilometer persegi ini adalah rumah bagi berbagai macam flora dan fauna yang sebagian besar belum terjamah oleh manusia. Tidak hanya itu, ada banyak misteri yang tersembunyi di hutan Amazon.

1. Sarang Laba-laba Raksasa


Hutan Amazon adalah rumah bagi laba-laba raksasa dengan bentang kaki dapat mencapai ukuran tangan orang dewasa. Hewan raksasa atau yang biasa disebut tarantula ini terdiri dari banyak jenis yang sebagian besar mendiami hutan Amazon.

Tarantula ini tidak hanya berburu serangga sebagai makanannya, tetapi juga dapat memangsa mamalia yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

2. Ular Raksasa


Hutan Amazon juga dikenal sebagai rumah bagi ular raksasa seperti anaconda. Anaconda terpanjang yang pernah ditemui di hutan ini memiliki ukuran panjang hingga 8,43 meter dengan berat mencapai 227 kg. Dengan ukuran yang sebesar ini, ular tersebut dapat memangsa mamalia hingga seorang manusia.

3. Tempat Hilangnya Percy Fawcett


Percy Fawcett adalah seorang petualang dan tentara terkenal yang konon menghilang di hutan Amazon. Saat itu ia pergi ke Brazil dengan tujuan untuk memetakan kawasan hutan di perbatasan Brazil dan Bolivia.

Pada tahun 1901 Percy bergabung dengan Royal Geographical Society untuk mempelajari metode survei dan kartografi. Dia memiliki teori tentang kota Z yang tatanan masyarakatnya kompleks dan melebihi masanya.

Percy dan putranya kemudian membentuk sebuah tim dan bekerja sama untuk menemukan kota itu. Sayangnya, dia dan anggota tim lainnya menghilang tanpa jejak. Ia dan semua anggota timnya yang berjumlah 200 orang menghilang tanpa jejak.

4. Suku Pedalaman yang Misterius


Survival International, sebuah organisasi yang melindungi suku-suku paling terpencil di dunia, memperkirakan bahwa terdapat satu juta orang yang tinggal di hutan Amazon pada 2018. Mereka terdiri atas 400 jenis suku yang mendiami hutan tropis tersebut.

Tapi masih menjadi tanda tanya besar tentang ciri-ciri detail dari suku misterius yang tinggal jauh di dalam hutan hujan Amazon ini. Ada yang mengatakan bahwa mereka berkulit gelap hingga berwarna sawo matang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan