5 Hutan Belantara Paling Menakjubkan di Dunia

 


Hutan adalah habitat alami bagi banyak flora dan fauna. Saat ini beberapa hutan di dunia telah menjadi kawasan yang sangat dilindungi karena deforestasi.

Hutan yang berfungsi sebagai paru-paru dunia memberikan kontribusi yang sangat penting bagi kehidupan di bumi itu sendiri. Selain fungsinya ini, ternyata ada banyak hutan yang juga sangat indah dan menakjubkan di dunia ini.

1. Hutan Awan (Peru)


Peru memiliki daerah hutan belantara yang disebut hutan awan. Hutan ini disebut Hutan Awan karena ketinggiannya di lereng Pegunungan Andes yang mengarah ke Lembah Amazon.

Hutan awan Peru adalah salah satu hutan yang paling menakjubkan di dunia karena mengandung banyak sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari hasil bumi, kekayaan biota darat dan air, keanekaragaman flora dan fauna dan tentu saja banyak spesies endemik yang ditemukan di hutan ini seluas lebih dari 100 ribu kilometer persegi.

Uniknya, ekosistem hutan ini terbagi menjadi dua bagian utama yaitu dataran rendah (di bawah 400m) dan dataran tinggi (400m hingga 4000m). Kekayaan ekosistem yang sangat kompleks ini didorong oleh keadaan suhu yang ekstrem.

2. Hutan Belantara di Papua Nugini


Papua Nugini memiliki kawasan hutan belantara dengan potensi alam yang luar biasa. Hutan ini dilintasi oleh tiga sungai besar seperti sungai Yopno, Uruwa dan Som.

Hutan Papua Nugini sekarang menjadi kawasan yang dilindungi. Hal ini disebabkan oleh maraknya illegal logging dan pembukaan lahan baru. Banyak habitat asli telah dirusak oleh pemukiman manusia dan industri. 

Ada beberapa spesies paling langka di dunia hanya dapat ditemukan di hutan seluas lebih dari 200 ribu kilometer persegi ini. Spesies ini termasuk anggrek, burung cendrawasih, dan kanguru pohon.

3. Hutan Kongo (Afrika)


Cekungan Kongo merupakan kawasan berhutan lebat yang keberadaannya sangat penting bagi dunia. 

Area ini mencakup 500 ribu hektar menjadikan hutan ini sangat kaya akan produk alam dan beragam flora dan fauna.

Hutan Kongo memiliki sekitar 10.000 spesies tanaman. Dalam hal fauna, hutan lebat adalah rumah bagi sekitar 3000 spesies. Hutan Kongo terdaftar sebagai salah satu hutan dengan keanekaragaman hayati paling banyak di dunia.

4. Hutan Kalimantan (Indonesia)


Indonesia juga memiliki hutan Kalimantan sebagai salah satu hutan paling menakjubkan di dunia. Namun Kalimantan kini hanya memiliki 25 juta hektar hutan yang tersisa yang awalnya memiliki lebih dari 40 juta hektar.

Industri besar seperti ekstraksi batu bara dan minyak berkontribusi menjadi salah satu penyebab utama deforestasi di Kalimantan.

Hutan Kalimantan adalah rumah bagi banyak satwa liar yang dilindungi termasuk orangutan, bekantan, dan beberapa spesies tumbuhan endemik di wilayah tersebut.

5. Hutan Amazon (Amerika Selatan)


Hutan Amazon dianggap sebagai hutan paling menakjubkan dan legendaris di dunia. Terletak di sembilan negara, hutan ini mencakup area seluas sekitar 7 juta kilometer persegi, dengan luas inti 5,5 juta kilometer persegi.

Sekitar 30% oksigen di bumi berasal dari hutan Amazon. Hal ini menjadikan Amazon menjadi salah satu hutan terpenting di bumi dan keberadaannya sangat penting bagi kehidupan manusia.

Brazil sendiri merupakan salah satu dari sembilan negara yang wilayahnya ditutupi oleh hutan hujan Amazon yaitu sekitar 60%. Hutan ini adalah rumah bagi lebih dari 40.000 spesies tanaman, 400 spesies mamalia, 1.300 spesies burung, dan jutaan serangga. Sekitar 10% spesies yang ada di dunia hidup di hutan Amazon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan