Mengenal Bajakah, Tumbuhan Liar dari Kalimantan

 

Akar bajakah bersumber dari tumbuhan merambat pohon kayu Karl dari suku Phaseolea, berkhasiat untuk pengobatan herbal.Senyawa aktif antioksidan yang berlimpah membuatnya mampu menjadi penawar radikal bebas.

Kali ini akan membahas bajakah, tumbuhan liar dari Kalimantan. Yuk. simak pembahasannya berikut ini!

Tumbuhan Hidup di Hutan

Tumbuhan ini hanya bisa didapatkan di bagian dalam hutan, yaitu di hutan yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Palangkaraya. Pohonnya tumbuh dengan cara merambat meski memiliki batang yang kuat dan cukup besar.

Rambatan tanaman ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 meter hingga ke puncak pohon lain. Akarnya pun menghujam di dasar aliran air lahan gambut.

Pohon ini hanya bisa hidup di lokasi rimbun di mana sinar matahari tak banyak masuk, tertutup rimbunnya hutan. Sepintas, pohonnya mirip seperti pohon biasa, sulit dibedakan dengan tanaman lain.

Dianggap Tanaman Mistis

Tanaman ini sudah lama dipakai sebagai penyembuh kanker secara turun-menurun oleh suku Dayak. Sempat muncul anggapan dari masyarakat setempat yang mengindentikkan tanaman bajakah dengan hal berbau mistis.

Tanaman ini selalu diidentifikasi dengan mistik. Namun, berdasarkan hasil laboratorium yang diuji, kandungan dalam tanaman ini memang dapat menyembuhkan kanker.

Manfaat Kayu Bajakah

1. Cegah Penuaian Dini

Bajakah bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, obesitas dan pembentukan kolagen. Senyawa catechin juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Obat Kanker

Aktivitas antioksidan tanaman akar bajakah ini memiliki kategori sangat kuat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E, dan sebanding dengan aktivitas antioksidan kayu secang.

Kadar flavonoid, akar bajakah merah maupun putih, baik dibagian kulit maupun di batang kayunya memiliki kadar yang cukup tinggi

3. Meringankan Pegal

Akar bajakah dapat meningkatkan stamina bagi yang mudah lelah dan lesu dalam beraktivitas.

4. Meredakan Disentri

Tumbuh di hutan tropis lembab yang batangnya menyimpan banyak air yang bisa diminum. Cairan terkandung dalam tanaman ini dipercaya bisa menyembuhkan diare.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Akar bajakah ini mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin, yang bisa mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru. Tanaman bajakah ini dikenal bisa menyembuhkan luka dan berbagai penyakit.

6. Mencegah Diabetes

Diklaim dapat menyembuhkan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus karena khasiatnya memperbaiki organ pankreas yang terganggu, letak pankreas adalah di organ hati.

Pankreas berfungsi sebagai memproduksi hormon insulin di dalam tubuh agar kadar gula di dalam darah tidak menumpuk di dalam darah terlalu banyak.

7. Mencegah Infeksi Bakteri

Bajakah dapat dimanfaatkan untuk mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri. Akar kayu bajakah dapat mencegah infeksi terutama pada jenis bakteri.

Escherichia coli. Manfaat tersebut disinyalir karena kandungan senyawa alaminya yaitu seperti flavonoid, tanin, saponin, dan juga polifenol.

Nah, itulah informasi mengenai bajakah, tumbuhan liar dari Kalimantan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan