Yuk Simak! Tumbuhan yang Hidup di Daerah Tundra

Daerah Tundra merupakan sebuah lokasi yang sangat unik dan menarik. hal tersebut dapat kita temukan dari beberapa jenis atau golongan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Mengenai tumbuhan yang hidup di dalamnya ada beberapa jenis yang bisa kita ketahui. Simak penjelasannya berikut ini!

Daerah Tundra

Tundra merupakan salah satu daerah yang membentuk relief permukaan bumi. Daerah yang satu ini memiliki suhu yang sangat rendah dan juga berbeda dari daerah gurun.

Dengan suhu yang cukup rendah, sehingga hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Kebanyakan kawasan tundra disebut sebagai kawasan tanpa pohon.

1. Tumbuhan Perdu

Perdu adalah salah satu jenis tumbuhan yang akan kita temukan di kawasan Tundra. Jenis tumbuhan yang hidup di daerah tundra memang memiliki ciri khusus yang sangat menarik.

Jenis tumbuhan yang satu ini memiliki batang yang tak terlalu besar dan sangat sedikit memiliki daun. Ada beberapa jenis semak yang biasa ditemukan di kawasan tundra, yaitu Semak Salik dan Bentula. Kedua jenis tumbuhan perdu itulah yang cukup sering ditemui pada kawasan tundra.

2. Lumut

Tumbuhan yang hidup di daerah tundra kebanyakan di dominasi oleh tumbuhan lumut. jenis tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan  yang memiliki ketahanan hidup yang cukup tinggi. Pada kawasan tundra biasanya kita akan banyak menemukan lumut yang menempel pada bebatuan.

Tumbuhan lain yang juga dapat hidup di kawasan ini adalah alga. Bisa dikategorikan alga sebagai saudara dekat dengan lumut. Akan tetapi, tumbuhan yang satu ini merupakan hasil simbiosis dengan ganggang. Pada kawasan tundra bisanya alga alan banyak kita temukan pada daerah cekungan yang banyak terdapat air.

3. Rerumputan

Tumbuhan yang bisa dikatakan cukup sering kita temukan di kawasan tundra. Jenis rumput yang ada adalah jenis rumput teki, jenis rumput kapas atau sejenisnya.

Rerumputan akan ditemukan pada daerah yang masih memiliki lapisan tanah di atasnya. Jenis rumput yang satu ini meskipun tak dapat menembus lapisan permafrost, tapi cukup dapat bertahan dengan baik.

4. Ericaceae

Tumbuhan yang satu ini banyak ditemukan pada lokasi yang kurang subur. Meskipun tidak terlalu banyak, namun keberadaan jenis tumbuhan yang satu ini memang mendominasi pada beberapa kawasan di daerah tundra.

Tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan yang cukup menarik karena untuk membantu dirinya bertahan juga menggunakan hubungan dengan beberapa jenis jamur.

Itulah informasi mengenai tanaman yang ada di kawasan tundra memang lebih sedikit dan memiliki ciri yang jauh berbeda dari kawasan lain. Selamat membaca dan semoga informasi tadi bermanfaat ya sobat blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan