Fakta Menarik Hutan Hujan Daintree, Hutan Tertua di Dunia

Hutan hujan Daintree terletak di Australia dan dianggap sebagai hutan tertua di dunia. Sebab diyakini telah ada di dunia sejak 180 juta tahun yang lalu, termasuk melewati zaman dinosaurus dan zaman es terakhir. Usia hutan hujan Daintree lebih tua puluhan juta tahun dari hutan hujan Amazon.

Kali ini akan mengulas tentang fakta menarik hutan hujan daintree. Yuk, simak berikut ini ulasannya.

Hutan Hujan Terbesar di Australia

Daintree adalah hutan hujan terbesar di Australia. Hutan hujan daintree menempati lahan 1.200 kilometer persegi, atau sekitar 20% dari lahan daratan di Australia. 

Hutan Hujan Daintree dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu meliputi Taman Nasional Daintree, beberapa area Hutan Negara, dan beberapa tanah milik pribadi yang termasuk komunitas perumahan milik lima orang. Hutan hujan itu dinamai Richard Daintree, seorang fotografer Australia, dan ahli geologi.

Masuk Situs Warisan Dunia UNESCO

Hutan Hujan Daintree berhasil mendapatkan pengakuan dari dunia dan masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO. Situs warisan dunia UNESCO menambahkan Hutan Hujan Daintree ke daftar warisan dunia pada tahun 1988.

Hutan Hujan Daintree sebagai warisan dunia adalah karena keindahan alam yang sangat luar biasa, serta keanekaragaman yang luar biasa baik flora maupun faunanya, dan spesies-spesies langka yang hanya dapat ditemukan di hutan hujan tertua di dunia ini.

Berdekatan dengan Karang Terbesar di Dunia Great Barrier Reef

Hutan Hujan Daintree berdampingan dengan karang penghalang terbesar di dunia yaitu Great Barrier Reef. Great Barrier Reef berada di Far North Queensland. Sebagian Hutan Hujan Daintree membentang hingga ke pantai, yang ada di sebelah Great Barrier Reef.

Tepian Hutan Memiliki Pasir Putih

Hutan ini berada di tepi laut sehingga pinggiran hutannya bukanlah tanah melainkan pasir. Tak sembarang pasir, tepian hutan ini memiliki pasir putih yang menjadikannya sebagai salah satu hutan dengan fenomena alam terunik di dunia. Meski di tepian laut, hutan ini juga memiliki beberapa ngarai cantik yang dilengkapi dengan sungai jernih.

Flora dan Fauna

Sebagai salah satu hutan tertua di dunia, Daintree memiliki beragam tumbuhan kuno yang menjadi kelompok tumbuhan pertama di bumi. Ada Psolotopsida dan Lycopsida yang menjadi salah satu tumbuhan pertama yang hadir di bumi.

Masih banyak lagi tumbuhan kuno yang bisa ditemui di sini. Mulai dari jamur, bunga, pakis dan lain-lain yang mungkin tak bisa ditemui di hutan yang umurnya lebih muda dari Daintree. Hutan ini jadi surganya para traveler pecinta tumbuhan.

Demikian informasi mengenai fakta hutan hujan daintree yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan