Flora yang Tumbuh di Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah salah satu jenis hutan yang terletak pada 23,50 Lintang Utara (LU) dan 23,50 Lintang Selatan (LS). Posisi tersebut menunjukkan bahwa hutan ini terletak di garis ekuator sehingga memiliki temperatur yang hangat dan hampir terpapar sinar matahari sepanjang tahun

Hutan hujan tropis juga menjadi rumah bagi bermacam spesies flora yang ada di bumi.Simak penjelasannya.

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek hitam adalah spesies anggrek yang hanya bisa tumbuh di Pulau Kalimantan. Bahkan, Anggrek hitam sampai dijadikan maskot flora di Provinsi Kalimantan Timur karena keindahan dan keunikannya.

Anggrek hitam dapat dijumpai di kawasan cagar alam Padang Luway yang merupakan habitat asli jenis flora ini. Sebagai tumbuhan epifit, Anggrek hitam hidup menempel pada batang kayu atau pohon. Walaupun, beberapa di antaranya juga tumbuh di lantai hutan pada batang kayu yang telah roboh.

Pohon Damar (Agathis dammara)

Pohon damar adalah sejenis anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) dan merupakan tumbuhan asli Indonesia. Tumbuhan hutan hujan tropis ini menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina.

Pohon damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Akan tetapi, di Jawa pohon ini biasanya ditanam di pegunungan.

Bunga Rafflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia Arnoldi ini jadi salah satu yang khas dari Indonesia. Selain khas, tumbuhan ini juga memiliki sifat yang unik. Lantaran, tumbuhan rafflesia hanya terdiri dari kuncup atau bunga mekar, tanpa ada batang, daun, dan akar.

Bunga Rafflesia termasuk ke dalam tumbuhan endemik dan langka serta terancam punah. Keberadaannya hanya terdapat pada beberapa lokasi hutan hujan tropis Asia Tenggara. Dari 17 spesies, 11 spesies hidup di hutan hujan tropis di Indonesia (Sumatra, Jawa, dan Kalimantan).

Tumbuhan Liana

Tumbuhan yang satu ini dikenal sebagai tumbuhan pemanjat adalah salah satu jenis tumbuhan hutan hujan tropis yang khas, sebab keberadaannya menambah keanekaragaman pada ekosistem hutan tersebut.

Liana adalah tumbuhan merambat tidak dapat tumbuh tegak mendukung tajuknya. Maka dari itu, agar bisa terus bertumbuh, kelompok tumbuhan ini umumnya memanfaatkan berbagai jenis pohon untuk merambat.

Pohon Eboni (Diospyros celebica)

 Pohon eboni atau bisa juga disebut pohon kayu hitam adalah jenis-jenis tumbuhan endemik yang dijumpai hidup berkelompok di pulau Sulawesi. Pohon ini memiliki corak kayu yang sangat indah, tersusun dalam strip hitam dan merah kecoklatan.

pohon eboni dapat ditanam di daerah kering dengan curah hujan 1230 mm/tahun, daerah bermusim dengan curah hujan 700 mm/tahun, dan daerah paling basah sekalipun dengan curah hujan 2400-2750 mm/tahun.

Demikianlah informasi mengenai flora yang hidup di hutan hujan tropis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan