Yuk, Kenali Habitat Tundra, Taiga, Hutan Iklim Sedang, Hutan Tropis dan Hewan Kutub

Macam-macam habitat yang bisa ditinggali makhluk hidup yang berbeda-beda. Ilmuwan membagi bumi dalam beberapa ekoregion. Ekoregion ini adalah wilayah yang berbeda dengan karakteristik lingkungan berbeda yang mendukung bentuk kehidupan yang berbeda juga.

Wilayah yang banyak rumputnya ditinggali banyak hewan herbivora, kemudian di wilayah yang banyak pohon ditinggali banyak primata.

Kali ini kita akan melihat berbagai wilayah bioma melalui habitat hewan-hewan di dunia.

1. Habitat Hutan Tropis

Di Indonesia ada banyak hutan tropis yang luas. Salah satunya, di Sumatra, Kalimantan dan Papua. Habitat hutan tropis terbesar adalah Hutan Amazon di Amerika Selatan. Hutan tropis merupakan tempat yang tingkat keanekaragaman hayatinya paling tinggi karena ditinggali hewan berbagai jenis dan ukuran.

Beberapa hewan yang hidup di hutan tropis misalnya adalah burung parkit, burung kolibri, harimau, orangutan, burung cendrawasih, piranha, burung beo, kukang, dan banyak lagi yang lainnya.

2. Habitat Tundra

Tundra merupakan daratan dingin dan beku. Tumbuhan hanya tumbuh sesekali dalam waktu yang singkat. Tundra juga meliputi bagian kutub dan gunung bersalju.

Karena tidak banyak tumbuhan, hewan yang tinggal di sana seperti rusa kutub punya kemampuan mengendus lumut yang ada di bawah tumpukan salju.

 Di tundra, tingkat keanekaragaman hayatinya rendah karena hewan di sana harus menduduki wilayah yang luas untuk bisa mencukupi kebutuhan makanannya.

3. Habitat Taiga

Taiga adalah habitat hutan boreal, yaitu tempat berupa hutan yang ditumbuhi pohon-pohon konifer seperti pohon pinus. hutan boreal merupakan bioma terluas di Bumi, lo.

Hutan ini ditinggali beberapa jenis hewan saja, nih, misalnya seperti beruang cokelat dan harimau siberia.

4. Habitat Hutan Iklim Sedang

Tempat ini tidak terus ditumbuhi tumbuhan seperti hutan boreal di utara Bumi, akan tetapi hutan ini ditandai dengan tumbuhan lebat yang punya masa tumbuh dan gugur.

Karenanya, kehidupan di sana sangat kaya saat musim semi dan musim panas, karena banyak serangga makan dedaunan di sana. Kemudian serangga itu jadi mangsa burung dan mamalia.

Namun pada musim gugur dan musim dingin tidak banyak hewan seperti serangga dan burung yang mencari makanan di sana. Contoh hewan yang tinggal di hutan ini adalah tupai merah eurasia, babi hutan, berang-berang, dan tasmanian devil.

5. Habitat Es Kutub

Bumi ada dua kutub, yaitu kutub Utara dan kutub Selatan. Habitat hewan yang tinggal di es kutub utara adalah beruang kutub, sementara habitat es kutub selatan ditinggali penguin.

Demikianlah informasi mengenai habitat hewan kutub, tundra, taiga, hutan iklim sedang dan hutan tropis. Selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat ya sobat blogger.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan