Taman Nasional Terbaik yang ada di Papua

Papua adalah provinsi yang terletak di bagian tengah pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Papua juga dikenal akan keramahan warganya dan keberagaman adat budayanya, salah satu yang paling terkenal ialah penyelenggaraan Festival Lembah Baliem.

Kali ini akan membahas tiga taman nasional di Tanah Papua, mulai dari Teluk Cenderawasih,Wasur dan Lorentz. Simak ulasannya berikut ini

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Pulau Papua merupakan wilayah pertemuan dua lempeng benua yang membuat kawasan ini memiliki keragaman alam yang begitu mempesona.

Kawasan alam ini merupakan salah satu taman nasional yang berada di Papua. Luasnya yang mencapai 1.453.500 hektar menjadikan kawasan ini sebagai salah satu taman nasional terluas di Indonesia dibawah TN Lorentz.

Pada tahun 1990, kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut Teluk Cendrawasih. Kemudian pada tahun 2002, kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Cendrawasih.

Di taman ini memiliki kurang lebih 200 jenis terumbu karang, sehingga habitat bawah lautnya sangat kaya dan berwarna.

Wisatawan yang datang ke sini biasanya melakukan kegiatan penyelaman untuk bertemu dengan hiu paus.

wisatawan juga bisa sekaligus wisata pengamatan burung cenderawasih dan penyu. Turis yang ingin berwisata sejarah bisa 'island hopping' ke Pulau Misowaar dan Pulau Roon. Di Pulau Misowaar ada gua purba, sementara di Pulau Roon ada gereja kuno.

2. Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur terletak di bagian tenggara pulau Papua, dalam wilayah administratif Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Kawasan hijau ini merupakan salah satu ekosistem lahan basah penting di Indonesia, karena memiliki potensi keanekaragaman hayati yang tinggi.

Mamalia yang ada si kawasan Taman Nasional Wasur adalah tiga marsupial, yaitu kanguru lincah (Macropus agilis), kanguru hutan/biasa (Darcopsis veterum), dan kanguru bus (Thylogale brunii).

Jenis-jenis burung yang berhabitat di sini antara lain burung garuda Irian (Aquila gurnayei), cendrawasih (Paradisaea apoda), kakatua (Cacatua sp.), mambruk (Goura cristata), alap-alap (Accipiter sp.), nandur (Ailuroedus sp.), belibis (Anas sp.), hingga bangau (Ardea sp.).

Taman ini adalah daerah lahan basah yang sangat penting untuk burung-burung air di Indonesia, khususnya burung migran dari dan ke Australia dan Selandia Baru.

3. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai taman nasional oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1997. Taman nasional ini juga adalah taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman nasional ini mempunyai gletser atau salju abadi di Puncak Jaya Wijaya (Piramida Cartenz).

Setinggi 4.884 meter di atas permukaan laut, puncak yang menjadi bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman ini merupakan satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di unia setelah Himalaya dan Andes.

Taman ini ditempati oleh empat suku adat Papua, Asmat, Amung, Dani, Sempan, dan Nduga. Taman Nasional Lorentz semakin sering disorot dunia karena gletser tropisnya dikabarkan semakin meleleh akibat dampak buruk pemanasan global.

Demikianlah informasi mengenai taman nasional yang ada di Papua. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioma Taiga | Pengertian, Ciri-Ciri dan Ekosistem

Taman Wisata Alam | Pengertian, Kriteria, dan Manfaat

Mengenal Hutan