Fakta dan Ciri Hutan Bambu


Hutan bamboo adalah jenis hutan yang ditumbuhi oleh tanaman berjenis bamboo dan spesies rumput-rumputan yang memiliki rongga dan juga ruas di batangnya. Tanaman bamboo ini termasuk tumbuhan yang mempunyai banyak varian spesies.

Bamboo mempunyai nama yang bermacam-macam seperti buluh, aur, dan eru. Pohon bamboo termasuk sakah satu jenis tanaman yang mempunyai kecepatan tumbuh yang tinggi. Sebab, bamboo memiliki sistem rhizome dependen yang unik.

Varian pohon bambu di dunia diperkirakan terdiri atas 1250-1350 spesies. Diperkirakan terdapat 157 jenis bambu di Indonesia. Jumlah ini lebih dari 10% jenis bambu dunia. Terlebih lagi, 50% jenis bambu telah dimanfaatkan oleh penduduk dan sangat berpotensi untuk dikembangkan bagi ekonomi masyarakat. Selain itu, kamu bisa membaca rekomendasi film horor dan buah serat tinggi.

Ciri Tanaman Bambu

Akar

Sistem perakaran pada setiap bamboo dapat berbeda-beda. Percabangan akar bamboo merupakan akar rimpang yang berbentuk lebar pada bagian ujung dibandingkan pada bagian pangkal. Akar bamboo berbentuk meruncing kea rah pangkal dan pada tiap ruas terdapat akar dan kuncup.

Kuncup pada bagian akar akan berkembang dan tumbuh menjadi rebung. Kemudian tumbuh menjadi buluh baru. Rebung adalah tunas bamboo yang muncul dari dasar rumpun atau berasal dari kuncup akar rimpang bamboo yang telah tua.

Batang

Batang bambu berbentuk silinder yang beruas-ruas dengan ronga di dalamnya. Batangnya tumbuh dari akar-akar rimpang ketika tanaman mulai menuai. Batang bambu bersifat lentur dan terdiri dari serat-serat yang kuat. Terlabih lagi, batang ditumbuhi oleh daun-daun yang muncul pada ruas-ruas batang.

Daun ini disebut pelepah dan akan mengering dan gugur ketika bambu mulai menua. Pada bagian pelepah bambu terdapat subang, yaitu perpanjangan dari batang yang bentuknya seperti segitiga. Secara umum, bambu tumbuh sekitar 0,3 meter hingga 30 meter dengan diameter batang sekitar 0,25 sampai 25 cm. Ketebalan dinding bambu berukuran sekitar 2,5 cm.

Daun

Bamboo memiliki daun yang lengkap, yaitu terdiri dari pelepah daun, helai daun, serta tangkai daun. Daunnya termasuk jenis pertulangan sejajar. Terdapat satu tulang daun berukuran besar yang beradan di tengah dan tulang daun kecil disekitarnya yang tersusun secara sejajar.

Ujung daun bambuberbentuk runcing, rata pada bagian tepi, berbentuk lanset, serta teksturnya mirip kertas. Permukaan daun bamboo bagian atas berwarna hijau terang dan bagian bawahnya berwrna hijau lebih gelap dengan bulu-bulu kasar.

Fakta Tanaman Bambu

Tanaman bamboo memiliki beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui, yaitu:

Lebih Kuat dari Besi

Soal massa jenis, bambu memang kalah dari besi. Bambu juga mudah terbakar, gak seperti besi. Tapi ada satu aspek yang membuat bambu lebih kuat dari besi, yaitu dalam hal kekuatan tarik atau tensile strength.

Artinya, jika sebatang bambu dan sebatang besi dengan diameter yang sama ditarik dengan gaya yang sangat besar, maka besi akan lebih dulu patah daripada bambu. Selain itu, bambu juga lebih kuat dari beton lho, yaitu dalam hal menahan hantaman.

Memproduksi Lebih Banyak Oksigen

Masih ada lagi karakteristik bambu yang membuatnya pantas disebut salah satu tumbuhan terhebat, yaitu soal produksi oksigen. Produksi oksigen pohon bambu ternyata 35 persen lebih banyak daripada pohon berkayu lain. Nah, jadi kalau mau udara dapat udara yang sejuk, menanam pohon bambu di sekitar rumah bisa jadi pilhan yang bagus.

Anti Bakteri

Tahukah kamu bahwa bambu juga bisa dijadikan bahan pakaian? Ya, serat bambu bisa dibuat menjadi benang dan dipakai untuk membuat kain dan pakaian. Kedengarannya mungkin aneh, tapi ternyata pakaian yang terbuat dari serat bambu punya keunggulan tersendiri.

Bambu secara alami memiliki anti bakteri. Maka pakaian yang terbuat dari serat bambu tentu lebih tahan bakteri sehingga tidak cepat bau dan tidak perlu terlalu sering dicuci. Penggunaan lain yang cocok adalah untuk membuat perban anti bakteri, sehingga bisa menutup luka tanpa khawatir terjadi infeksi.

 

Posting Komentar

0 Komentar